Implementasi Teologi Anti Korupsi Terhadap Sikap Jujur, Amanah dan Empati pada Siswa TPQ As-Salam Jepara
Abstract
Teologi anti Korupsi merupakan sebuah pengungkapan ketidak setujuan atas perilaku korupsi. Yang mana korupsi umumnya dipahami oleh masyarakat sebagai perusak dalam sruktur pemerintah. Menyikapi fenomena tersebut, dunia pendidikan pun mulai melakukan pembenahan-pembenahan untuk menjawab tantangan derasnya arus korupsi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah perubahan kurikulum dimana masuknya pendidikan karakter anti korupsi pada tingkat pendidikan prasekolah hingga perguruan tinggi pada tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hal tersebut maka pengabdian ini terfokus pada pananaman sikap jujur, amanah dan empati berdasar teologi islam pada siswa TPQ As-Salam Sengon Bugel Mayong, Jepara sebagai pencegahan tindakan anti korupsi sejak dini. Ada berapa metode dalam pengabdian ini yaitu observasi, metode ceramah, tanya jawab dan simulasi. Dengan adanya pembelajaran teologi anti korupsi setidaknya dapat membenahi dasar adanya sikap korupsi yang mengakibatkan suatu kerusakan inter maupun extern. kerusakan inter ialah seuatu kerusakan yang di alami oleh kepribadian dan suatu tindakan manusia, dan kerusakan extern adalah kerusakan yang dapat berpengaruh dalam lingkungan dan sistem pemerintahan.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Dewi, Tengku Rika Valentina, Zulfadli Zulfadli, Irawati Irawati, and Heru Permana Putra. 2018. Pelatihan Diseminasi Pendidikan Karakter Anti Korupsi Bagi Pengurus Osis Smp Negeri 31 Padang. Padang.
Ayunda, Rahmi, Shenti Manurung, Keaton Yoputra, Dulcie Maria, Felix Evans, Hanif Permadi, and Michael Iken Bonar Anju Sibagariang. 2022. “Penyuluhan Integritas Dan Anti Korupsi Di Smp Harapan Utama Batam.” MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(10).
DIKTI. 2012. Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi.
Effendi, Muhammad Ridwan. 2018. Teologi Islam. Malang.
Frimayanti, Ade Imelda. 2017. “Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(1).
Gule, Yosefo. 2021. “Studi Teologi-Etis Hubungan Perilaku Korupsi Sebagai Dampak Sikap Hidup Hedonis.” Kontekstualita 36(01):69–88. doi: 10.30631/kontekstualita.36.1.69-88.
Hakim, Lukman. 2010. “Konstruksi Teologi Revolusioner Hasan HanafiNo Title.” SUBSTANTIA 12(1).
Hasan, Zainudin, Bagas Satria Wijaya, Aldi Yansah, Rian Setiawan, and Arya Dwi Yuda. 2024. “Strategi Dan Tantangan Pendidikan Dalam Membangun Integritas Anti Korupsi Dan Pembentukan Karakter Generasi Penerus Bangsa.” JURNAL ILMU HUKUM DAN POLITIK 2(2). doi: https://doi.org/10.51903/perkara.v2i2.1883.
KBBI. n.d. “KBBI.” Retrieved (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/anti ).
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Lusiana, Ernita. 2012. “Membangun Pemahaman Karakter Kejujuran Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini Di Kota Pati.” BELIA: Early Childhood Education Papers 1(1). doi: 10.15294/BELIA.V1I1.1601.
Mausili, Dwi Rianisa, Eni Susanti, Riady Ibnu Khaldun, Danar Hafidz Adi Wardhana, and Muhammad Sajidin. 2023. “Penyuluhan Pendidikan Karakter Anti Korupsi Pada Siswa SMP Negeri 2 Majene.” INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement 2(4).
Nasri, Ulyan. 2020. “Internalisasi Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam 1(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Gusjigang Jurnal Pengabdian Masyarakat