Revitalisasi Kegiatan Keagamaan Fi Majlis Ta’lim Lil Aulad Al-Ihsan Bagi Santriwan-Santriwati di Musholla Darul Islah Desa Kembang
Abstract
Pendampingan dan pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk mewujudkan kegiatan Tri Dharma dengan berkolaborasi dengan mahasiswa dan proses mewujudkan sikap kepedulian terhadap kegiatan keagamaan kepada anak-anak usia RA/TK, SD/MI, SLTP/MTs desa Kembang Kidul di musholla Darul Islah. Bidang pengabdian yang dilaksanakan adalah mengaji al-Qur’an di Musholla, belajar tajwid, menghafal surat-surat pendek, hafalan Asmaul Husna, mengajari sholat dan tata cara sholat, menyemarakkan sholat berjama’ah, mengadakan kegiatan tahlil, menyelenggarakan al-barjanji, dan pembentukan akhlakul karimah. Pengabdian ini menggunakan metode observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Meningkatnya pemahaman anak-anak usia dini akan arti pentingnya penanaman pendidikan keagamaan, berkembangnya keterampilan anak dalam mengaji al-Qur’an, menghafalkan surat-surat pendek, menghafalkan Asmaul Husna, rajin mengerjakan sholat berjamaah, ikut aktif dalam kegiatan al-barzanji serta memiliki akhlak kepribadian yang baik, mengadakan pendampingan kegiatan keagamaan dan mengetahui kemampuan anak dalam keterampilan mengaji al-Qur’an di musholla Darul Islah desa Kembang Kidul. Sehingga, hubungan yang positif dapat terjalin dengan baik antara masyarakat dan anak-anaknya.
Kata kunci: Revitalisasi, Kegiatan Keagamaan, Anak Usia Dini
Full Text:
PDFReferences
Fadhilah, E., & Yusdani. (2019). Fikih Perempuan Progresif. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 1(1), 1–24. https://doi.org/10.20885/tullab.vol1.iss1.art1
Halim. (2005). Psikologi arsitektur sebagai pendekatan desain pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah. Dasar.
Kosim, M. (2009). Langgar sebagai Institusi Pendidikan Keagamaan Islam. Tadris, 4 no 2.
Kurniawati, A. (2015). Masjid sebagai Pusat Kegiatan Sosial Kemasyarakatan (Studi Peran dan Kontribusi Masjid dalam Mengembangkan Kegiatan Sosial Keagamaan di Masjid Darul Ulum Dusun Gambiran Desa Madigondo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan).
Musfiqon. (2012). Panduan lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Prestasi Public Publisher.
Nurfadilah. (2021). Perkembangan Anak Usia Dini. Universitas Al Azhar Indonesia.
RI, K. A. (Ed.). (2012). Al Qur’an dan Terjemahannya. PT . Sinergi Pustaka Indonesia.
Risni, T. W. (2024). Meningkatkan Kepedulian dan Peran Aktif Masyarakat dalam Memakmurkan Mushola Al-Taqwa SD Kanyoran di Kec. Semen Kediri Jawa Timur. GUYUB: Journal of Community Engagement, 5(1), 297–311. https://doi.org/10.33650/guyub.v5i1.8340
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Zamroni, M. E. M. (2014). Peran Masjid dalam Pengembangan Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural pada Masyarakat (Studi Multi Situs di Masjid Raya Darussalam, Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kalimantan Timur). Fenomena, 6 no 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Gusjigang Jurnal Pengabdian Masyarakat