Kelas Moderasi : Santun Terhadap Antarumat dan Lingkungan Melalui Moderasi Beragama di Sekolah Tingkat Dasar
Abstract
Kolaborasi antara guru dan mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat dengan topik sosial keagamaan “Kelas Moderasi: Santun tethadap antar umat dan lingkungan melalui moderasi beragama” merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kesadaran masyarakat tentang moderasi beragama, serta menumbuhkan sikap toleran dan saling menghormati antar umat beragama dan lingkungan hidup. Kegiatan ini dilaksanakan di desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung dalam dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan dilakukan kegiatan peningkatan kesadaran di masyarakat dan materi pembelajaran disiapkan. Pada tahap implementasi dilakukan kegiatan pembelajaran dan diskusi mengenai isu moderasi beragama. Materi pembelajaran yang disampaikan meliputi pengertian moderasi beragama, dasar-dasar moderasi beragama, dan contoh penerapan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 30 peserta dari tingkat sekolah dasar, yaitu SDN 2 Kedungwungu dan MI NU Bustanul Ulum. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang lebih baik tentang moderasi beragama. Selain itu, peserta juga menunjukkan sikap yang lebih toleran dan saling menghargai antar umat beragama dan lingkungan.
Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat, moderasi beragama, toleransi, saling menghargai, tingkat dasar
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, J., Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, N., Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.
Akbar, A. (2020). Peran guru pai dalam membangun moderasi beragama di SDN Beriwit 4 dan SDN Danau Usung 1 Kabupaten Murung Raya. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Budhy, M.-R. (2017). Reorientasi pembaruan Islam : sekularisme, liberalisme dan pluralisme. Madani.
Darmayanti, & Maudin. (2021). Pentingnya Pemahaman Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Generasi Milenial . Syattar, 2(1).
Dawing, D. (2018). MENGUSUNG MODERASI ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat, 13(2), 225–255. https://doi.org/10.24239/rsy.v13i2.266
Fauzi, A. (2018). Moderasi Islam, Untuk Peradaban Dan Kemanusiaan. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 2(2), 232. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i2.101
Hanafi, M. M. (2013). Moderasi Islam. Ikatan Alumni Al Azhar dan Pusat Studi Al-Quran.
Ilyas, M. (2008). Lingkungan Hidup Dalam Pandangan Islam. Jurnal Sosial Humaniora, 1(2). https://doi.org/10.12962/j24433527.v1i2.672
Indonesia, C. (2020). Kasus Guru Rasis SMA 58 Jakarta, Polisi Panggil Pelapor. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201106103752-12-566637/kasus-guru-rasis-sma-58-jakarta-polisi-panggil-pelapor.
KEMENKO PMK. (2023). 7,2 Juta Ton Sampah di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan. https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-di-indonesia-belum-terkelola-dengan-baik
Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Nugroho, B. T. A., Hidayat, W. N., & Musyafangah, M. (2019). Generasi Muslim Milenial Sebagai Model Islam Wasaṭiyyah Zaman Now. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 7(1), 32–50. https://ejournal.staiat-tahdzib.ac.id/tahdzib/article/view/89
Syarifah, N. S., & Cahyono, G. (2022). Penguatan Moderasi Beragama Dan Sikap Demokrasi Pada Santri Pondok Pesantren Edi Mancoro Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Arfannur: Journal of Islamic Education, 3(2).
Toho, T. (2018). Pentingnya Moderasi Beragama. https://bimasislam.kemenag.go.id/post/opini/pentingnya-moderasi-beragama
Umikalsum, A., & Fauzan, F. (2019). Integrasi Sosial Dalam Membangun Keharmonisan Masyarakat. Jawi, 2(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Gusjigang Jurnal Pengabdian Masyarakat