Pemberdayaan Masyarakat Desa Plosorejo dengan Pelatihan Digital Marketing
Abstract
Strategi pemasaran produk atau jasa yang efektif salah satunya adalah dengan digital marketing. Hal ini memudahkan pelaku usaha dalam memasarkan produk secara global. Akan tetapi digital marketing belum terlalu dikembangkan oleh pelaku usaha, untuk perlunya keterampilan dalam penggunaan teknologi informasi dengan pelatihan digital marketing. Kegiatan yang dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat yang berkonsep pengabdian. Kegiatan dilakukan dengan sosialisasi tentang digital marketing. Selanjutnya dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan digital marketing. Kegiatan pengabdian ini dengan melibatkan masyarakat Desa Plosorejo, Kabupaten Blora. Setelah dilakukan kegiatan pelatihan digital marketing, harapannya pelaku usaha di Desa Plosorejo memiliki jangkauan pasar yang luas dan memiliki daya saing secara global.
Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, pelatiahan, digital marketing.
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, Safwadi, I., Hariyanto, T., Mursyidin, Nuthihar, R., & Muhammad, Z. (2020). A Study of Community Empowerment Program in ACEH BESAR District, Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(3).
Alford, P., & Page, S. J. (2015). Marketing technology for adoption by small business. The Service Industries Journal, 35(11–12), 655–669. https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1062884
Bujan, I. (2020). Entrepreneurial orientation and socioemotional dimensions in small family hotels: do they impact business performance? Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 33(1), 1925–1942. https://doi.org/10.1080/1331677X.2020.1763824
C. Cant, M., & A. Wiid, J. (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African perspective. Problems and Perspectives in Management, 14(1), 64–70. https://doi.org/10.21511/ppm.14(1).2016.07
Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN BLOG. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.223
Firman, A. A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat di Desa Berbasis Komunitas: Review Literatur. JURNAL ILMIAH Tata Sejuta, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v7i1.196
Games, D., Soutar, G., & Sneddon, J. (2021). Personal values and SME innovation in a Muslim ethnic group in Indonesia. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 13(5), 1012–1032. https://doi.org/10.1108/JEEE-01-2020-0008
Haffar, M., Ozcan, R., Radulescu, M., Isac, N., & Nassani, A. (2021). Hegemony of Network Capabilities, Frugal Innovation and Innovation Strategies: The Innovation Performance Perspective. Sustainability, 14(1), 2. https://doi.org/10.3390/su14010002
Kementerian Desa PDTT. (2019). Modul KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa.
Kurniawan, A., & Asharudin, M. (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 1(2).
Lin, C. Y.-Y. (1998). Success Factors of Small- and Medium-Sized Enterprises in Taiwan An Analysis of Cases. Journal of Small Business Management, 36(4).
Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. C. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI BAGI PENGEMBANGAN PEMASARAN WISATA DANAU LINOW DI KOTA TOMOHON. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30435
Machmud, A., & Ahman, E. (2019). Effect of Entrepreneur Psychological Capital and Human Resources on the Performance of the Catering Industry in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 22(1).
Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46807/aspirasi.v8i1.1257
Qualman, E. (2009). Socialnomics: how social media transforms the way we live and do business. John Wiley & Sons.
Rachmawati, E. (2020). Tourism and community empowerment at Gunung Leuser National Park, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 528(1), 012001. https://doi.org/10.1088/1755-1315/528/1/012001
Rowan, W. (2002). Digital Marketing: Using New Technologies to Get Closer to Your Customers. KOGAN PAGE.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Gusjigang Jurnal Pengabdian Masyarakat