Pengaruh Tingkat Suku Buka, Inflasi, dan Nilai Kurs Rupiah Terhadap Investasi (Studi Kasus pada Perusahaan Properti dan Real Estat yang Tercatat di ISSI)

Kurnia Puspita Wulan, Amirus Shodiq

Abstract


Investasi adalah salah satu aktivitas menyisihkan penghasilan yang didapat yang dipergunakan untuk kebutuhan dimasa yang akan datang. Sehingga dalam melakukan investasi terdapat beberapa variabel yang mendukung dalam melakukan analisis sehinga tidak terjadi kesalahan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk menginterprestasikan pengaruh tingkat suku bunga, inflasi, dan nilai kurs rupaiah terhadap investasiserta membuktikan secara empiris. Populasi pada penelitian yang dilakukan yaitu perusahaan property dan real estat yang tercatat di Jakarta Islamic Index periode 2015-2021, yang telah dipilih sesuai kriteria dengan menggunakan metode purposive sampling, dan memperoleh sebanyak 40 sampel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan kepustakaan untuk menguji hipotesis yang telah dilakukan melalui analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 21. Dan memperoleh hasil dua dari tiga hipotesis diterima, yaitu inflasi dan nilai kurs rupiah yang menunjukkan bahwa memiliki pengaruh terhadap investasi, sedangkan tingkat suku bunga menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap investasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.