Strategi Pendistribusian Dana Zakat Produktif Dalam Upaya Mentransformasi Mustahik Menjadi Muzakki Melalui Program Gerobak Motor

Noor Siti Cholifah, Murtadho Ridwan

Abstract


Program gerobak motor adalah program pendistribusian dana zakat secara produktif yang menyediakan alat usaha berupa gerobak motor. Pemberian bantuan program gerobak motor bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan kemampuan yang dimiliki dan diharapkan usaha tersebut berjalan dan berkembang sehingga dana zakat yang disalurkan tidak hanya bersifat sementara dan cepat habis, tetapi bisa berkelanjutan untuk memperbaiki produktifitas hidup masyarakat, menanggulangi kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendistribusian dana zakat produktif dalam upaya mentransformasi mustahik menjadi muzakki melalui program gerobak motor di BAZNAS Kabupaten Kudus, mengetahui pengaruh program gerobak motor dalam mentransformasi mustahik menjadi muzakki, dan mengetahui kendala yang dihadapi BAZNAS Kabupaten Kudus dalam pendistribusian dana zakat produktif melalui program gerobak motor. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pendistribusian dana zakat produktif melalui program gerobak motor di BAZNAS Kabupaten Kudus dimulai dengan melakukan perencanaan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Selama berjalannya program gerobak motor, belum ada mustahik yang bertransformasi menjadi muzakki. Tetapi ada sebagian mustahik yang telah mencapai kemandirian namun belum diwajibkan membayar zakat karena hartanya belum mencapai nisab. Sebagian para penerima bantuan gerobak motor secara rutin menyisihkan penghasilannya untuk infak dan sedekah. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya dana zakat produktif untuk mendanai program gerobak motor, bentuk gerobak yang tidak sesuai dengan jenis usaha, dan belum adanya pengawasan dalam program gerobak motor.

Kata Kunci: Strategi, Pendistribusian, Zakat Produktif, Transformasi, Gerobak Motor.


Full Text:

PDF

References


Jurnal Ilmiah:

Almar'atus Sholikhah, A. (2022). Analisis Peranan Zakat Produktif Melalui Proram Lapak Berkah Disabilitas Untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Jawa Timur) (Doctoral dissertation, Institut Pesantren KH Abdul Chalim).

Anwar, A. T. (2018). Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 5(1).

Aziz, I. A. (2018). Transformasi Perilaku Masyarakat Beragama Dalam Kabupaten Batanghari Jambi. Jurnal Tajdid, 17(2).

Dewi, E. (2012). Transformasi Sosial dan Nilai Agama. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 14(1).

Haidir, M. S. (2019). Revitalisasi Pendistribusian Zakat Produktif Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan di Era Modern. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 10(1).

Harahap, S. (2021). Kontribusi Baznas Dalam Meningkatkan Perekonomian Mustahik Melalui Program Zakat Produktif Di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Literasiologi, 6(1).

Harahap, S. (2021). Kontribusi Baznas Dalam Meningkatkan Perekonomian Mustahik Melalui Program Zakat Produktif Di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Literasiologi, 6(1).

Hartatik, E. (2015). Analisis Praktik Pendistribusian Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Magelang. Az-Zarqa': Jurnal Hukum Bisnis Islam, 7(1).

Hubara, Z. A., & Yafiz, M. (2022). The Effectiveness of Distribution of Zakat Funds by BAZNAZ in Batu Bara Regency through the Smart Coal Program as an Effort to Improve Education and Coal Community Development. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 3(2).

Komariyah, O., & Damayanti, N. (2015). Zakat Produktif dan Kemandirian Mustahik. Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 6(2).

Riza, M. S. (2021). Analisis Efektivitas Distribusi Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Kantor Cabang Rumah Zakat Sumatera Utara). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1).

Rusli, A. H., & Syahnur, S. (2013). Analisis Dampak Pemberian Modal Zakat Produktif Terhadap Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(1).

Sartika, M. (2018). Pengaruh pendayagunaan zakat produktif terhadap pemberdayaan mustahiq pada LAZ Yayasan Solo Peduli Surakarta. Jurnal Ekonomi Islam, II(1).

Suryadi, A. (2018). Mustahiq dan Harta yang Wajib Dizakati Menurut Kajian Para Ulama. Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan, 19(1).

Susamto, B. (2015). Pendistribusian Zakat Melalui Perspektif Fiqh dan Perundang-Undangan Indonesia. Presented at International Seminar on Zakat: Financial Inclusiveness of the Poor: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Syaickhu, A., Winarko, P., & Hermawan, L. (2021). Strategi LAZISNU Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui (Studi Kasus di Lazisnu Kabupaten Nganjuk). Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 8(2).

Toriquddin, M. (2015). Pengelolaan Zakat Produktif di Rumah Zakat Kota Malang Perspektif Maqashid Al Syariah Ibnu ‘Asyur di Kabupaten Malang. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 16(1).

Wiradifa, R., & Saharuddin, D. (2017). Strategi pendistribusian zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1).

Buku:

Abubakar Muhammad, Terjemah Subulus Salam II Hadits-Hadits Hukum, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1991) cet. ke 1.

Ali, M. D. (1998). Sistem Ekonomi Zakat dan Wakaf Jakarta: UI Pres.

Allison, M., & Kaye, J. (2005). Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Assauri, Sofyan. (2013). Strategic Management: Sustainable Competitive Advantages. Jakarta: PT. Rajawali Press.

El-Madani (2013). Fiqh Zakat Lengkap, Jogjakarta: Diva Press.

George, M. (1997). Pedoman Pemikiran Strategis: Membangun Landasan Perencanaan Anda terj. Gianto Widianto, Jakarta: Prenhalindo.

Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi, 2003.

R. David, Fred. (2002). Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Prenhalindo.

Rahim, A. R., & Radjab, E. (2017). Manajemen Strategi. Makasar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis. Yogyakarta: Teras.

Wahyudi, AS. (2010). Manajemen Strategik: Pengantar Proses Berpikir Strategik. Jakarta: Indek.

Wawancara:

Musta’in. Wawancara oleh Noor Siti Cholifah, 29 Oktober 2022.

Website:

Badan Pusat Statistik (BPS), https:www.bps.go.id, diakses pada 25 Oktober 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.