Peran BAZNAS Grobogan dalam Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) untuk Membantu Lulusan Masuk Perguruan Tinggi

Intan Ayu Mulya Utami, Makrufah Hidayah Islamiah

Abstract


Abstract

Education is the right of every individual. However, poverty often becomes a barrier for students to continue their studies in college. Through the BPUN program, BAZNAS Grobogan supports this program by assisting zakat funds. The implementation process was carried out by the BPUN BAZNAS Grobogan institution. This research aims to identify the role of BPUN BAZNAS Grobogan in helping senior high school graduates enter tertiary institutions by getting scholarships, as well as to see the experience and impact of the free tutoring program on participants and the organizing institution. This research is a type of field research by a qualitative descriptive approach. This research uses primary and secondary data sources. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The results of this research show that the role of BPUN BAZNAS Grobogan has been successful in helping students from underprivileged families who want to seriously go to college by obtaining scholarships. The experiences and impacts felt include gaining new knowledge, changes in mindset, and success. Through this free guidance program, students do not need to pay any fees during the guidance period because it is fully supported by BAZNAS Grobogan through zakat funds. Every year, the BUN BAZNAS Grobogan program succeeds in getting 70-80 students to enter college and receive scholarships.

Keywords: Role of BPUN; Graduate; College; BAZNAS.

 

Abstrak

Pendidikan merupakan hak setiap individu. Namun, kemiskinan sering menjadi penghalang bagi siswa untuk melanjutkan studi sampai ke perguruan tinggi. Melalui progam BPUN, BAZNAS Grobogan mendukung progam ini dengan memberikan bantuan melalui dana zakat. kemudian, proses pelaksanaannya dilakukan oleh lembaga BPUN BAZNAS Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran BPUN BAZNAS Grobogan dalam membantu lulusan SMA/SMK/MA sederajat masuk perguruan tinggi dengan mendapatkan beasiswa, serta untuk melihat pengalaman dan dampak progam bimbingan belajar gratis terhadap peserta dan lembaga penyelenggara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran BPUN BAZNAS Grobogan berhasil membatu siswa dari keluarga kurang mampu yang ingin bersungguh-sungguh melanjutkan ke perguruan tinggi dengan memperoleh beasiswa. Pengalaman dan dampak yang dirasakan seperti mendapatkan ilmu baru, perubahan mindset, dan kesuksesan. Melalui progam bimbingan gratis ini, siswa tidak perlu mengeluarkan biaya selama masa bimbingan karena didukung sepenuhnya oleh BAZNAS Grobogan melalui dana zakat. Setiap tahunnya, progam BPUN BAZNAS Grobogan berhasil mengantarkan 70-80 siswa masuk perguruan tinggi dan mendapatkan beasiswa.

Kata Kunci: Peran BPUN; Lulusan; Perguruan Tinggi; BAZNAS.


References


Adhisa, R. R., Arfian, M., Purnomo, G. C., Virgina, V. F., Azhar, L., Kusumawati, W., Wandira, V. D., Handayanti, T., Hidayanti, E. N., & Handayani, F. T. (2020). Pengembangan Bimbingan Belajar Berbasis Lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, volume 2(1), 20. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10783

Anggit Grahito, Spd., M. P. (2020). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya) (1 (ed.)). Surakarta: Kurnia Solo.

Anwar, M. F. (2019). Landasan Bimbingan dan Konseling (1st ed.). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Anwar, N. (2021). Efektivitas Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak pada Masa Pandemi di Desa Babelan Kota. volume 1(87), 99. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Arafat, S., & Fahrullah, A. (2019). Implementasi Pendistribusian Dana Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) Pada Bidang Pendidikan Untuk Pemberdayaan Pendidikan di BAZNAS Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 28.

Hakim, R. (2020). Manajemen Zakat Histori, Konsepsi, dan Implementasi (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Iqbal, M. (2019). HUKUM ZAKAT DALAM PERSPEKTIF HUKUM NASIONAl. Jurnal Asy-Syukriyyah, volume 20(1).

Lesmana, G. (2022). Bimbingan dan Konseling Belajar (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Rabani, F. A. N. (2020). PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM PARIAMAN CERDAS OLEH BAZNAS KOTA PARIAMAN. Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 7, 123.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1.

Supani. (2023). Zakat Di Indonesia Kajian Fikih dan Perundang-Undangan (E. Asmaya (ed.); 2nd ed.). Jakarta: Kencana.

Zalmi Dzirrusydi, Said Nuwrun Thasimmim, Mitrayati, N. A. J. (2022). Sosialisasi tentang Pentingnya Melanjutkan Pendidikan yang Lebih Tinggi sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa di Sekolah Menengah Atas Desa Alai Kecamatan Kundur. Awam, 2(1), 10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.