Islamic Branding, Word of Mouth, dan Harga terhadap Customer Loyalty Buya di Kudus
Abstract
Abstract
This study aims to determine the influence of Islamic branding, word of mouth, and price on Buya's customer loyalty in Kudus. This type of research is field research with a quantitative approach with questionnaires as research instruments. Determination of samples using accidental sampling method as many as 96 respondents. Instrument testing using validity, reliability tests, classical assumption testing, hypothesis testing using multiple linear regression tests, Coefficient of Determination (R2), t-test, and f-test with the help of IBM SPSS 25 data processing program. This study shows the result that the Islamic branding variable has no significant effect on loyalty customers obtained from the value of tcount<ttable and sig>0.05 with the acquisition of a value 0.495<1,986 and sig value 0.622. Word of mouth variable has a significant effect on loyalty customers obtained from the value of tcount>ttable and sig<0,05 with the acquisition of a value 10,257>1,986 and sig value 0,000. The price variable has a significant effect on loyalty customers with the acquisition of a value of 3,722>1,986 and a sig value of 0,000. The research results show that Islamic branding does not have a significant effect on customer loyalty, while word of mouth and price have a positive and significant effect on customer loyalty for Buya products in Kudus.
Keywords: Islamic Branding; Word of Mouth; Price; Customer Loyalty.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic branding, word of mouth, dan harga terhadap customer loyalty Buya di Kudus. Jenis penelitian ini ialah field research menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling sebanyak 96 responden. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, pengujian asumsi klasik, pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda, Koefisien Determinasi (R2), uji-t, dan uji-f dengan bantuan program olah data IBM SPSS 25. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa variabel Islamic branding tidak berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty diperoleh dari nilai thitung<ttabel dan sig>0,05 dengan perolehan nilai 0,495<1,986 dan nilai Sig. sebesar 0,622. Variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty diperoleh dari nilai thitung>ttabel dan sig<0,05 dengan perolehan nilai 10,257>1,986 dan nilai Sig. sebesar 0,000. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty dengan perolehan nilai 3,722>1,986 dan nilai Sig. 0,000. Hasil penelitian diperoleh bahwa Islamic branding tidak berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty, sedangkan word of mouth dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty produk Buya di Kudus.
Kata Kunci: Islamic Branding; Word of Mouth; Harga; Customer Loyalty.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Adawiyah, S. E. dan Patrianti, T. (2021). Islamic Branding dalam Ekonomi Syariah. Jurnal Al-Tsarwah, 4(1), 26–35.
Anggara, F. S. A. dan Alamsyah, N. (2021). The Analysis of Islamic Branding Towards Customer Loyalty Impacts at Ismart Retail Ponorogo. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(2), 297–306.
Anggraini, F. dan Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Annur, C. M. (2023). 10 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak Dunia 2023, Indoneia Memimpin! databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/19/10-negara-dengan-populasi-muslim-terbanyak-dunia-2023-indonesia-memimpin
Astuti, M. dan Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Jakarta: Deepublish.
Bancin, J. B. (2019). Citra Merek dan Word Of Mouth: Peranannya dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Djuniardi, D., Sani, I. dan, & Tulusan, M. T. (2023). Manajemen Pemasaran: Teori dan Praktik Menciptakan Loyalitas Pelanggan. Padang: Get Press Indonesia.
Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly A.D, Y. S. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111
Fauzi, A. N. (2019). Komodifikasi Agama Terhadap Pembacaan (Khataman) Alquran Air Kemasan Kh-Q Pt. Buya Barokah. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis, 7(02), 281. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v7i02.5802
Ghozali, I. (2020). 25 Grand Theory Ilmu Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis. Semarang: Yoga Pratama.
Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: Jakad Publishing.
Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Ilham, M. dan, & Firdaus. (2019). Islamic Branding dan Religiusitas serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen Pada Swalayan al-Baik Kota Tanjungpinang. Bintan: STAIN Sultan Abdurrahman Press.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Ismaya, E. A., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2017). Makna dan Nilai Buka Luwur Sunan Kudus. Jurnal Kredo, 1(1), 44–57. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1752
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Kurniawan, D. A. dan Abidin, M.Z. (2018). Pengantar Pemasaran Islam: Konsep, Etika, Strategi, dan Implementasi. Ponorogo: Unida Gontor Press.
Romadhoni, K., & Mus’if, A. (2022). Islamic Branding Dalam Pandangan Tokoh Agama Kota Bangkalan. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 1(2), 64–78. https://doi.org/10.55606/lumen.v1i2.43
Sari, C. A. S. (2017). Teknik Mengelola Produk & Merek: Konsep dan Aplikasi Pada Fast Moving Consumer Goods. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114.
Suryati, L. (2019). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Deepublish.
Tjahjaningsih, E., Ningsih, D. H. U., & Utomo, A. P. (2020). The Effect of Service Quality and Product Diversity on Customer Loyalty: The Role of Customer Satisfaction and Word of Mouth. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 481–490. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.