Strategi Digital Marketing Menurut Perspektif Islam dalam Meningkatkan Volume Penjualan UD Gebyok Sekarjati Jepara

Muhammad Sirojul Munir, Muhammad Husni Mubarok

Abstract


Abstract

This research describes the analysis of digital marketing strategies according to an Islamic perspective in increasing sales volume at UD Gebyok Sekarjati Jepara by maximizing digital platforms and using segmenting, targeting, and positioning (STP) marketing strategies. This research uses qualitative research methods with field research and a descriptive approach. The data sources used are primary and secondary, with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of this research show that the use of UD Gebyok Sekarjati's digital marketing strategy by utilizing the website, Tokopedia marketplace, and social media which includes: WhatsApp Business, Facebook, Instagram, TikTok, and YouTube as well as the use of segmenting, targeting, positioning strategies can increase sales volume in company supported by an analysis of the company's strengths and weaknesses. Islam allows digital marketing based on ulama fatwas while still prioritizing values by sharia. Digital marketing practices at UD Gebyok Sekarjati prioritize Islamic values which include honesty, trustworthiness, and not exaggerating product praise.

Keywords: Digital Marketing; STP Strategy; Sales Volume; Islamic Economics.

 

Abstrak

Penelitian ini memaparkan tentang analisis strategi digital marketing menurut perspektif Islam dalam meningkatkan volume penjualan pada UD Gebyok Sekarjati Jepara dengan memaksimalkan platform digital dan menggunakan strategi pemasaran segmenting, targeting, positioning (STP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi digital marketing UD Gebyok Sekarjati dengan memanfaatkan website, marketplace Tokopedia, dan media sosial yang meliputi: WhatsApp Business, Facebook, Instagram, TikTok, dan YouTube serta penggunaan strategi segmenting, targeting, positioning dapat meningkatkan volume penjualan pada perusahaan yang didukung analisis kekuatan dan kelemahan perusahaan. Islam memperbolehkan pemasaran digital berdasarkan fatwa ulama dengan tetap mengedepankan nilai-nilai sesuai dengan syariat. Praktik digital marketing di UD Gebyok Sekarjati mengedepankan nilai islami yang meliputi kejujuran, amanah, dan tidak memuji produk berlebihan.

Kata Kunci: Digital Marketing; Strategi STP; Volume Penjualan; Ekonomi Islam.


References


Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dimyati, M. (2008). Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran untuk Menghadapi Persaingan yang Dinamis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing dalam Membantu Penjualan Living Space dan Efo Store. Skripsi Universitas Islam Indonesia.

Ichwanda, F. I., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada PT Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 24 No. 1.

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rifa’i, A. A. (2019). Pengantar Penelitian Pendidikan. Bangka Belitung: PPs IAIN SAS Babel.

Riyanto, A. D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Swastha DH, B. (1983). Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers with Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103

Umar, H. (2010). Desain Penelitian Manajemen Strategik: Cara Mudah Meneliti Masalah-masalah Manajemen Strategik untuk Skripsi, Tesis, dan Praktik Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Widokarti, J. R., & Priansa, D. J. (2019). Konsumen, Pemasaran, dan Komunikasi Kontemporer. Bandung: Pustaka Setia.

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning serta Strategi Harga pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. AJIE, 1(3), 175–190. https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss3.art2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.