Keputusan Pembelian Pada Marketplace Blibli: ditinjau dari Service Quality, Keamanan Transaksi dan Diskon
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Quality, Keamanan Transaksi, dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian pada marketplace blibli pada mahasiswa FEBI IAIN kudus angkatan 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis pendekatan ini menggunakan asosiatif. Teknik pengambilan sempel dengan menggunakan metode Snowball Sampling, sehingga didapatkan sampel sejumlah 40 responden dari jumlah mahasiswa FEBI IAIN Kudus angkatan 2017 dan di olah menggunakan program olah data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Service quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Blibli dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,450 > 2,028) dan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05). Variabel keamanan transaksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Blibli dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,147 > 2,028) dan nilai signifikansi sebesar (0,003 < 0,05). Variabel diskon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Blibli dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,243 > 2,028) dan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05). Berdasarkan penelitian ini menunjukkan Service Quality, Keamanan Transaksi dan Diskon berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci: Service Quality, Keamanan Transaksi, Diskon, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Pustaka yang Berupa Jurnal Ilmiah:
Atmaja, Hasan Surya, & Andhatu Achsa. (2022). “Analisis Harga, Kepercayaan, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop.” Jurnal Mirai Management Vol. 7, no. 1, 400–409.
Asyifa, Lia Siti, & Agus Rahayu. (2019). “Kenyamanan Dan Kepercayaan Konsumen Blibli. Com Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Online.” Journal of Business Management Education (JBME) vol. 2, no. 2, 49–56.
Endhar, W P, Kumadji Srikandi, & Y Edy. (2016). “Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 38.
Martini, Ervita, & Dede Hertina. (2023). “Pengaruh Diskon Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulse Secara Online (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kecamatan Andir Kota Bandung).” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 6, no. 4, 2244–2251.
Natawibawa, I Wayan Yeremia, Gugus Irianto,& Roekhudin Roekhudin. (2018). “Theory of Reasoned Action Sebagai Prediktor Whistleblowing Intention Pengelola Keuangan Di Institusi Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Vol. 4, no. 4, 310–319.
Oscar, Yessica, & Keni Keni. (2019). “Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Vol. 3, no. 1, 20–28.
Putri, Gilang Purnama, & Henny Welsa. (2021). “Pengaruh Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pembelian Di Shopee:(Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Yogyakarta Yang Menggunakan Shopee).” Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi Vol. 2, no. 1, 28–32.
Ristiyani, Eva, & Harini Abrilia Setyawati. (2019). “Pengaruh Service Quality, Trust Terhadap Customer Satisfactions Serta Dampaknya Pada Repatronage Intentions Pada Lazada (Studi Pada Pengguna Lazada Di Kecamatan Kebumen).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 1, no. 1, 92–100.
Syukur, Mahmudin. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Qudwah Mart Di Lebak.” Aksioma Al-Musaqoh Vol. 5, no. 1, 22–41.
Pustaka yang Berupa Judul Buku:
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.