Pengaruh Kredibiltas Beauty Influencer dan Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Konsumen Bybdka di Jepara)
Abstract
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas beauty influencer dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian produk Bybdka di Jepara. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Bybdka di Jepara yang jumlahnya tidak diketahui dan teknik sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel 100 orang responden. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian pada uji validitas dan reliabilitas berpacu pada item total correlation serta Cronbach alpha, yang menunjukkan hasil semua instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif serta regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas beauty influencer dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kredibilitas Beauty Influencer, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cresentia, A., & Nainggolan, R. (2022). Pengaruh Kredibilitas dan Trustworthiness Beauty Influencer di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Performa, 6(6), 526–535. https://doi.org/10.37715/jp.v6i6.2156
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Vol. 21, Issue 1). Qiara Media. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Hamasy, A. I. Al. (2022). No Title.
Himmah, A. R., & Prihatini, A. E. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pixy Di Kota Semarang). In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31359
Irwansyah, R., Listya, K., Amanda, S., Hanika, I. M., Hasan, M., & Utomo, K. P. (2021). Perilaku Konsumen. In Widina (Vol. 5). Penerbit Widina.
Nasrul, N. F. (2021). Pengaruh Influencer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Irliana. In e-Proceeding of Management (Vol. 8, Issue 2).
Pawestriningrum, W. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Beauty Influencer pada Kredibilitas Merek, Kredibilitas Iklan, Kredibilitas Perusahaan dan Niat Beli Produk Perawatan Lokal (Issue 8.5.2017) [Universitas Islam Indonesia]. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Pawestriningrum, W., & Roostika, R. (2022). The Effect of Beauty Influencer Trust on Brand Credibility , Advertising Credibility , Corporate Credibility and Purchase Intention of Local Skincare Products. 01(01), 65–80.
Penyusun, T. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an Departemen Agama RI. Penerbit J-Art.
Rifqiyani, N. S., & Prihatini, A. E. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA (Studi pada Konsumen Ella …. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24016
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Sah Media.
Sindunata, I. dan B. A. W. (2016). Pengaruh e-WOM (Electronic Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian di adoda.com. 2010, 128–138.
Sokolova, K., & Kefi, H. (2020). Instagram and YouTube bloggers promote it, why should I buy? How credibility and parasocial interaction influence purchase intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 53. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.