Pengaruh Kredibiltas Beauty Influencer dan Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Konsumen Bybdka di Jepara)

Dhefy Alfiana, Abdul Haris Na'im

Abstract


Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas beauty influencer dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian produk Bybdka di Jepara. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Bybdka di Jepara yang jumlahnya tidak diketahui dan teknik sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel 100 orang responden. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian pada uji validitas dan reliabilitas berpacu pada item total correlation serta Cronbach alpha, yang menunjukkan hasil semua instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif serta regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas beauty influencer dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kredibilitas Beauty Influencer, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian


References


Cresentia, A., & Nainggolan, R. (2022). Pengaruh Kredibilitas dan Trustworthiness Beauty Influencer di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Performa, 6(6), 526–535. https://doi.org/10.37715/jp.v6i6.2156

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Vol. 21, Issue 1). Qiara Media. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Hamasy, A. I. Al. (2022). No Title.

Himmah, A. R., & Prihatini, A. E. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pixy Di Kota Semarang). In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31359

Irwansyah, R., Listya, K., Amanda, S., Hanika, I. M., Hasan, M., & Utomo, K. P. (2021). Perilaku Konsumen. In Widina (Vol. 5). Penerbit Widina.

Nasrul, N. F. (2021). Pengaruh Influencer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Irliana. In e-Proceeding of Management (Vol. 8, Issue 2).

Pawestriningrum, W. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Beauty Influencer pada Kredibilitas Merek, Kredibilitas Iklan, Kredibilitas Perusahaan dan Niat Beli Produk Perawatan Lokal (Issue 8.5.2017) [Universitas Islam Indonesia]. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Pawestriningrum, W., & Roostika, R. (2022). The Effect of Beauty Influencer Trust on Brand Credibility , Advertising Credibility , Corporate Credibility and Purchase Intention of Local Skincare Products. 01(01), 65–80.

Penyusun, T. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an Departemen Agama RI. Penerbit J-Art.

Rifqiyani, N. S., & Prihatini, A. E. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA (Studi pada Konsumen Ella …. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/24016

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Sah Media.

Sindunata, I. dan B. A. W. (2016). Pengaruh e-WOM (Electronic Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian di adoda.com. 2010, 128–138.

Sokolova, K., & Kefi, H. (2020). Instagram and YouTube bloggers promote it, why should I buy? How credibility and parasocial interaction influence purchase intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 53. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.