Business Plan Competition Sebagai Sarana Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan di MAN 3 Jombang

Nawawi Aulia Muhammad, Silvia Qotrun Nada, Zahrohtur Robiyah

Abstract


Artikel penelitian ini mengeksplorasi dampak dari Business Plan Competitions (BPC) dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan siswa di MAN 3 Jombang. Penelitian ini membahas masalah terbatasnya paparan dan keterampilan kewirausahaan di kalangan siswa sekolah menengah atas, yang dapat menghambat peluang karir mereka di masa depan. Dengan menerapkan BPC yang terstruktur, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar praktis yang dapat meningkatkan pola pikir dan kemampuan kewirausahaan siswa. Pendekatan yang digunakan adalah dengan menyelenggarakan serangkaian lokakarya, sesi mentoring, dan putaran kompetisi yang mensimulasikan tantangan bisnis di dunia nyata. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis keadaan dan peluang di wilayah MAN 3 Jombang. Acara ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman tentang konsep bisnis, inovasi, dan kemampuan untuk mengambil risiko. Selain itu, kompetisi ini juga meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi mereka untuk mengejar usaha kewirausahaan.

Keywords: Semangat kewirausahaan, Kompetisi Rencana Bisnis, Siswa sekolah menengah, Pengalaman belajar praktis, Bimbingan dan lokakarya


Full Text:

PDF

References


Anugrah Lutfi, and Verawaty. 2020. “Peran Kewirausahaan Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Sektor UMKM Saat Kondisi Pandemi Covid 19 Di Kota Makassar.” Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi 3(2):200–205. doi: 10.57178/paradoks.v3i2.583.

Astungkara, Agni, and Rochmi Widayanti. 2020. “Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Love Of Money Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi.” Jurnal Akuntansi Dan Pajak 20(2). doi: 10.29040/jap.v20i2.725.

Aziz, Abdul, and Astuti Darmiyanti. 2022. “Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Kewirausahaan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(4). doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6406.

Colorafi, Karen Jiggins, and Bronwynne Evans. 2016. “Qualitative Descriptive Methods in Health Science Research.” HERD: Health Environments Research & Design Journal 9(4):16–25. doi: 10.1177/1937586715614171.

Elo, Satu, Maria Kääriäinen, Outi Kanste, Tarja Pölkki, Kati Utriainen, and Helvi Kyngäs. 2014. “Qualitative Content Analysis.” SAGE Open 4(1):215824401452263. doi: 10.1177/2158244014522633.

Fajri, Ahmad. 2021. “Peran Kewirausahaan Dalam Pembangunan Ekonomi.” Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 7(2).

Firdaus, Alamsyah. 2022. “Pemodelan Proses Bisnis Konveksi Di Tasikmalaya Dengan Business Process Model and Notation (BPMN).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital 1(3):133–42. doi: 10.55927/ministal.v1i3.826.

Hasibuan, Abdurrozzaq, Putri Buana, Mustika Dini, and Toto Unang. 2022. “Bisnis Kreativitas Dan Inovasi.” Pp. 67–76 in Inovasi Pada Usaha Baru (Startup). Medan.

Nassaji, Hossein. 2015. “Qualitative and Descriptive Research: Data Type versus Data Analysis.” Language Teaching Research 19(2):129–32. doi: 10.1177/1362168815572747.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gusjigang Jurnal Pengabdian Masyarakat