Pelatihan Literasi Berbasis Filologi Qur’ani Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Mengungkapkan Nilai Moral Dan Membangun Karakter

Aziizatul Khusniyah

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mendemonstrasikan pentingnya pelatihan literasi berbasis filologi Qur'ani sebagai strategi integral dalam mengungkapkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks klasik Islam, sekaligus membangun karakter individu dan komunitas. Metode penelitian ini mencakup pendekatan kualitatif yang memungkinkan analisis mendalam terhadap naskah-naskah klasik. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap nilai-nilai moral yang terkandung dalam naskah-naskah Qur'ani. Implikasinya, pelatihan literasi berbasis filologi Qur'ani dapat memperkukuh karakter dan etika keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, serta memperkokoh fondasi nilai-nilai moral dalam masyarakat. Dengan demikian, pendekatan ini memiliki potensi besar dalam membentuk individu yang bermoral tinggi dan berkontribusi positif terhadap masyarakat dan bangsa.


Full Text:

PDF

References


Aziz, A., & Munif Shaleh. (2019). VARIASI METODE PEMBELAJARAN DAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Edupedia, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.529

Fadillah, A. A., Jannati, A. R., Awaludin, A. F., Khairunnisa, A. Z., Aini, F. A., Wardana, F. P., Sukma, F. R., Ningrum G., N. W., Sabilah, S., Sundari, L., Utami, R., & Widiati, W. (2022). KARAKTER SISWA DALAM LITERASI RELIGIUS. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.55047/jrpp.v1i1.209

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1). https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i1.988

Isnaini, R. (n.d.). Kearifan Lokal Nusantara - Analisa - www.indonesiana.id.

Listrianti, F., Kurniawan, R. S., Fauzi, M. A., & Damayanti, S. I. (2022). PKM Pelatihan dan Pendampingan Literasi (Baca Tulis) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan bagi Siswa MI Tarbiyatul Islam. GUYUB: Journal of Community Engagement, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.33650/guyub.v3i2.4073

Mungmachon, M. R. (2012). Knowledge and Local Wisdom : Community Treasure. International Journal of Humanities and Social Science, 2(13), 174–181.

Rusli, T. S., & Hidayah, H. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 219–225. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.63

Solehuddin, S. (2019). KEEFEKTIFAN PROGRAM LITERASI ALQURAN DI SEKOLAH-SEKOLAH SWASTA NON-AGAMA DALAM KERANGKA PENGUATAN KARAKTER (KAJIAN DI JAWA BARAT). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(2). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3790


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gusjigang Jurnal Pengabdian Masyarakat