PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Pendidikan anak merupakan tanggung jawab yang besar bagi setiap orang tua, karena masa depan seorang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarganya. Dalam prespektif Islam, Al-Quran memberikan panduan tentang pentingnya peran orang tua dalam mendidik dan membimbing anak agar sukses di dunia maupun di akhirat. Orang tua juga memiliki peran penting sebagai pembimbing utama dalam pembentukan karakter dan iman anak. Artikel ini membahas tentang peran orang tua dalam mendidik anak berdasarkan prespektif Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist, Hal ini mencakup bagaimana orang tua dapat memberikan keteladanan, mendukung pengembangan karakter, menanamkan nilai-nilai Islam yang kuat sejak dini, serta pemberian pendidikan yang komprehensif dan berbasis nilai islami. Dengan pendekatan analisis literatur, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak sebagai faktor kunci keberhasilannya dan untuk menunjukkan bagaimana orang tua dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan keterlibatan aktif dan dukungan emosional orang tua, anak akan lebih termotivasi untuk mencapai kesuksesan akademis dan memiliki karakter yang kuat. pendidikan yang baik di lingkungan keluarga juga dapat membangun fondasi yang kuat untuk perkembangan kepribadian anak yang berakhlaq mulia yang sesuai dengan ajaran Al-Quran dan Hadist.
Kata kunci: peran orang tua, anak, perspektif Islam.
Full Text:
PDFReferences
Amelia, L. (2023). Pengaruh kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan belajar siswa kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 186–193.
Dkk, Fadilah. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa Timur. Agrapana Media.
Dwiyanto, F., & Febrianto, P. T. (2024). Analisis Kurangnya Perhatian Orang Tua Menyebabkan Menurunnya Daya Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17751–17759.
Fatmala, S. (2022). PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Conference of Elementary Studies, 599–611. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/download/14951/5461
Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3).
Hidayat, H., & Rahman, R. (2020). Pendidikan Moral dalam Perspektif Islam: Keteladanan Orang Tua sebagai Pendekatan Utama. Pendidikan Islam, 34–45.
Irmalia, S. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 5(1), 31–37.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1396.
Jeynes, W. H. (2019). A meta-analysis on the relationship between character education and student achievement and behavioral outcomes. Education and Urban Society, 51(1), 33–71.
Khaironi, M., & Ramdhani, S. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82–89.
Lickona, T. (2016). Education for character: educating to form character (how schools can teach attitudes of respect and responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.
Najwah, N. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak (Perspektif Al-Quran dan Hadis). Al Mudarris: Journal Of Education, 4(1), 49–63.
Nurlatifah, N. N. (2019). Pendidikan karakter anak usia dini pada keluarga tanpa ayah. FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.
Rahmawati, I. (2018). Keseimbangan Pendidikan Duniawi dan Ukhrawi dalam Islam. Pustaka Al-Ikhlas.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Sugiharti, S. (2005). Peran Orang Tua dalam Keluarga. Surabaya. Intelektual Club.
Widyahening, E. T., & Wardhani, N. E. (2016). Literary works and character education. International Journal of Language and Literature, 4(1), 176–180.
Yusuf, M., & Ali, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak dengan Nilai-Nilai Agama: Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 123–135.
Refbacks
- There are currently no refbacks.