PENGUATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI TERAPI MUHASABAH: IMPLEMENTASI PSIKOTERAPI ISLAMI PADA INDIVIDU USIA DEWASA AWAL

Nurul Ulya, Rinova Cahyandari

Abstract


Salah satu upaya untuk menguatkan kepercayaan diri dapat dilakukan melalui pemanfaatan potensi keagamaan melalui psikoterapi Islami. Psikoterapi Islami dapat melibatkan salah satu konsep dalam ajaran agama, salah satunya adalah bermuhasabah. Muhasabah diri mampu meberikan pengaruh positif terhadap peningkatan rasa percaya diri pada mahasiswa. Pernyataan tersebut dikuatkan pula oleh penelitian lanjutan yang menunjukkan bahwa muhasabah diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepercayaan diri mahasiswa . Beberapa penelitian berkaiatan dengan muhasabah diri dan kepercayaan diri telah di teliti dalam konteks penelitian kuantitatif, namun masih terbatas pada pengukuran hubungan pengaruh tanpa perlakuan. Oleh karena itu tulisan ini ditujukan untuk mengetahui dampak terapi muhasabah diri terhadap peningkatan kepercayaan diri dengan desain pemberian perlakuan yaitu dengan adanya psikoterapi islami muhasabah diri.


Full Text:

111-126 PDF

References


Afifah, M., & ’Aini, I. N. (2023). Penerapan Muhasabah Diri untuk Meningkatkan Kualitas Akhlak Mahasantri Putri IDIA Prenduan. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat, 2(1), 144–166.

Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Al-Ghazali, I. (2011). Ihya ‘Ulumuddin: Awas dan Waswas Diri, Tafakur, Mati dan Kejadian Sesudahnya, terj. Irwan Kurniawan. Bandung: MARJA.

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Ariskawanti, E., & Subiyantoro, S. (2022). Manajemen Evaluasi (Muhasabah) Diri. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, dan Teknologi, 21(2), 221–235.

Erikson, E. H. (1989). Identitas dna Siklus Hidup Manusia. Jakarta: Penerbit Gramedi.

Ghufron, M., & Risnawati, N. . (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasanah, N. A., & Saugi, W. (2021). Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara di Depan Umum. Borneo Journal of Islamic Education, 1(1), 1–12.

Huda, N. (2016). Konsep Percaya Diri Dalam Al-Qur’an Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Inovatif, 2(2), 65–90.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 2(1), 73–114.

Hurlock, E. . (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

I’anatul Musthoinah Afifiani. (2019). Pengaruh Muhasabah terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Ismayati. (2003). Kecemasan dalam Menghadapi Pensiun Ditinjau dari Kepercayan Diri dan Jenis Kelamin. Universitas Katolik Soegijapranata.

Laowo, U. G. D., & Ita Monita Munthe. (2022). Tingkat Rasa Percaya Diri Mahasiswa Prodi Manajemen Informasi Kesehatan Dalam Perkuliahan Biostatistik. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(3), 349–355. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i3.661

Lauster, P. (1978). The Personality Test. London: Pan Books, Ltd.

Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. ( alih bahasa: D. H. Gulo, Ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mujieb, M. A. (2009). Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali. Jakarta: PT Mizan Publika.

Nida, F. L. K. (2021). Kontribusi Muhasabah dalam Mengembangkan Resiliensi Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2), 244–262. https://doi.org/10.33367/psi.v6i2.1715

Nurfalah, Y. (2013). Konsep Percaya Diri dalam Al-Qur’an. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 24(1), 34–55.

Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35. https://doi.org/10.23916/08430011

Rahim, A., Putra, F., & Solina, W. (2022). Ketercapaian Tugas Perkembangan Mahasiswa pada Masa Dewasa Awal di Universitas PGRI Sumatera Barat (Studi Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018). JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 70–79.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukaisih, I. E. (2022). Hubungan Muhasabah dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Prodi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Fatah Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Syafitri, F. A., & Hadori, M. (2022). Terapi Ta’limah dan Muhasabah dalam Meningkatkan Self Esteem pada Penyintas Depresi. Konseling At-Tawazun, 1(1), 9–19.

Syafri, I., Qotadah, H. A., & Achmad, A. D. (2020). Muhasabah Diri Sebagai Media Penanggulangan Perilaku Juvenile Delinquency. Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 126–138. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3. 9983

Tanjung, H. B. (2015). Menyelamatkan Nasib Anak Bangsa dengan Pendidikan Islam. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 4(Juli), 1027–1043.

Tebba, S. (2007). Meditasi Sufistik. Tanggerang: Pustaka Irvan.

Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Lampung: Aura Publishing.

Wijaya, R. B. A., & Muslim, A. (2021). Konsep Diri Pada Masa Dewasa Awal Yang Mengalami Maladaptive Daydreaming. Jurnal Psikologi Islam:Al-Qalb, 12(2), 172–192.

Yani, A. (2007). Be Excellent: Menjadi Pribadi Terpuji. Jakarta: Al-Qalam.

Yumna, Y., Wardana, G. K., Fauziah, H., Muslikhin, M., Bachtiar, S. S., & Novitasari, E. (2021). Implementasi Terapi Muhasabah Sebagai Upaya Memelihara Kesehatan Mental Dalam Usaha Penanggulangan Adiksi Narkoba (Studi Lapangan Lapas Narkotika Cirebon). Syifa al-Qulub, 6(1), 95–112.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.