Pemberdayaan Umkm Dalam Mengelola Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Demak Tahun 2021-2022

Aisiyah Ana Muslimah, Agung Slamet Sukardi

Abstract


AbstractThis study aims first, to find out the management of religious tourism to the tomb of Sunan Kalijaga Demak, second, the process of empowering MSMEs in managing the religious tourism area of the tomb of Sunan Kalijaga Demak in 2021-2022, thirdly supporting and inhibiting factors in the process of empowering MSMEs in managing the religious tourism area of Sunan's tomb Kalijaga Demak in 2021-2022. This study uses a descriptive qualitative research method and a type of phenomenological approach. The data sources used are primary and secondary data sources. Data collection research techniques using observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique uses data reduction methods, data presentation, and conclusions. The results of this study conclude that, first, religious tourism of Sunan Kalijaga's tomb is a form of empowerment that is realized in management that is able to apply management functions and sapta charms properly. secondly, the process of empowering MSMEs in the religious tourism area of the Sunan Kalijaga Demak tomb was carried out well, through three stages that were able to make MSME actors aware of the importance of empowerment. The stages are the awareness stage, the knowledge and skills transformation stage, and the intellectual empowerment stage. Third, the supporting factors are: willingness, awareness from MSME actors and support from the village government. While the inhibiting factors are differences of opinion and character of business actors, lack of knowledge and skills, limited activity funds, and lazy business actorsKeywords: Empowerment, SMEs, Management of Religious TourismAbstractPenelitian ini bertujuan Pertama, untuk mengetahui pengelolaan wisata religi makam Sunan Kalijaga Demak, Kedua, Proses pemberdayaan UMKM dalam mengelola kawasan wisata religi makam Sunan Kalijaga Demak tahun 2021-2022, ketiga Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemberdayaan UMKM dalam mengelola kawasan wisata religi Makam Sunan Kalijaga Demak tahun 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik penelitian pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, pertama, Wisata religi makam Sunan Kalijaga menjadi bentuk pemberdayaan yang terealisasikan ke dalam pengelolaan yang mampu menerapkan fungsi manajemen dan sapta pesona dengan sebagaimana mestinya. kedua Proses pemberdayaan UMKM di kawasan wisata religi makam Sunan Kalijaga Demak dijalankan dengan baik, melalui tiga tahapan yang mampu menyadarkan pelaku UMKM terhadap pentingnya pemberdayaan. Adapun tahapannya yaitu tahap penyadaran, tahap transformasi pengetahuan dan ketrampilan, dan tahap pemberdayaan intelektual.ketiga, Faktor pendukungnya yaitu: adanya kemauan, kesadaran dari para pelaku UMKM dan adanya dukungan dari pemerintah desa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Adanya perbedaan pendapat dan karakter pelaku usaha, minimnya pengetahuan dan kemampuan, keterbatasan dana aktivitas, dan pelaku usaha yang malasKata Kunci: Pemberdayaan, UMKM, Pengelolaan Wisata Religi   

Full Text:

PDF

References


Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen. Malang: AE Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=9zfvDwAAQBAJ

Ahyak. (2019). Strategi Pengelolaan Pariwisata Halal Kota Surabaya. Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam, 9(2), 172–196.

Andriwiguna, A. (2022). Kebijakan Pengembangan Pariwisata: Memahami Implementasi Kebijakan dan Strategi Pengembangan Pariwisata (1st ed.). Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=VButEAAAQBAJ

Ermawati, Y., Wijaya, U., Surabaya, P., & Wisata, D. (2021). Strategi Pemberdayaan Umkm Berbasis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(3), 758–780.

Estikowati, Alvianna, S., Astuti, W., Hidayatullah, S., & Krisnanda, R. (2022). PENGANTAR ILMU PARIWISATA (Sejarah, Jenis, Macam, Dampak, dan Istilah dalam Pariwisata) (1st ed.). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=dpCWEAAAQBAJ

Fathorrahman. (2022). Masjid Aljabbar, Sebagai Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat. Retrieved February 11, 2023, from JabarEkspres.com website: https://jabarekspres.com/berita/2022/12/21/masjid-al-jabbar-sebagai-destinasi-wisata-religi-di-jawa-barat/

Gede, I. P. (2022). MENGELOLA DESA WISATA (1st ed.). Yogyakarta: Penerbit K-Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=TE2eEAAAQBAJ

Hamid, M. A., Widyastuti, A., Firdaus, E., Chamidah, D., Tanjung, R., Sari, R. N., … Purba, S. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=iUs2EAAAQBAJ

Hasanah, N. (2020). Analisis Keberadaan Wisata Religi Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pelaku Usaha. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 6(2), 164–190.

Haya, S. F., & Tambunan, K. (2022). Dampak Keberadaan Pariwisata Religi Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat Besilam Kabupaten Langkat. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Hidayat, M. N., & Wiranata, R. R. S. (2021). Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Anak Yatim dan Dhuafa di Yogyakarta. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 19–45. https://doi.org/10.54396/qlb.v1i2.149

Indonesia, R. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.

Kristiana, Y., Suryadi, M. T., & Sunarya, S. R. (2018). Eksplorasi Potensi Wisata Kuliner Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kota Tangerang. Jurnal Khasanah Ilmu, 9(1), 18–23.

Marsono, A. (2019). Wakaf Tunai Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Lapangan Lembaga Manajemen Infaq Nganjuk). Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 6(1), 16–31. https://doi.org/10.53429/jdes.v6i1.7

Maryani, D., & Nainggolan, R. R. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat (1st ed.). Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=67nHDwAAQBAJ

Masruri, B. (2021). Benantara (1st ed.; Bukhori Masruri, Ed.). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=X3BMEAAAQBAJ

Mubyarto. (1996). Ekonomi Rakyat Program IDT dan Demokrasi Indonesia (Aditys Med). Yogyakarta.

Nindatu, P. I. (2019). Komunikasi Pembangunan Melalui Pemberdayaan Masyarakat untuk Pengentasan kemiskinan. Jurnal Persekptif Komunikatif, 3(2), 91–103.

Rahman, G. C. (2015). Perekonomian Pariwisata Islami Terhadap Pedagang Di Kawasan Makam Sunan Kalijaga. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 5(6), 513–523.

Rusmewahni. (2022). Strategi Integrasi Pembangunan Infrastruktur. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=X6OcEAAAQBAJ

S, A. (2008). EKONOMI : Jilid 3. Jakarta: Esis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=sdndFCNVRSsC

Setiani, W., Dian, & Darsono, D. (2011). Dampak Pariwisata Terhadap Peluang Usaha dan Kerja Luar Pertanian di Daerah Pesisir. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, 05(03), 259–272. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=350299&val=223&title=DAMPAK PARIWISATA TERHADAP PELUANG USAHA DAN KERJA LUAR PERTANIAN DI DAERAH PESISIR

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN (1st ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardjono. (2003). Manajemen Perkreditan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Suharto, E. (2017). Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat: Kajian Srategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial (5th ed.). Bandung: PT Revika Aditama.

Sulistiyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gaya Media.

Sunariani, N. N., Suryadinata, A. O., & Mahaputra, I. I. R. (2017). Pemberdayaan Usaha Mikro Kcil Dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan Di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–20.

Tambunan, T. (2009). UMKM Di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Indonesia: Isu- Isu Penting. Jakarta: LP3ES.

Undang-Undang Kepariwisataan No. 10 Tahun 2009 Tentang kepariwisataan. (2009).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.