Pengaruh Brand Image, Price dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Generasi Z di Kabupaten Kudus
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand image,price dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk fashion pada generasi Z di Kabupaten Kudus. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian field research dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner berbentuk google formulir serta diolah melalui SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)adanya pengaruh variabel brand image secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung (2,346) > t tabel (1,986) dengan taraf signifikasi 0,021<0,05. 2)adanya pengaruh variabel price secara positif dan dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung (3,474) > t tabel (1,986) dengan taraf signifikansi 0,001<0,05. 3)adanya pengaruh variabel word of mouth secara positif dan dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung (3,948) > t tabel (1,986) dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1)brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada generasi Z di Kabupaten Kudus. 2)price berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada generasi Z di Kabupaten Kudus. 3)word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada generasi Z di Kabupaten Kudus
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand
Image, Harga dan Keprcayaan Produk Terhadap Keputusan
Pembelian (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). Diponegoro
Journal of Management, 7(1), 1–20. http://ejournal-
s1.undip.ac.id/index.php
Agnes Dwita Susilawati, Ahmad Hanfan, & Fetalia Haryanti Anugrah.
(2021). Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, Word Of Mouth
dan Testimony In Social Media terhadap Keputusan Pembelian Hijab
Sulthanah di Kota Tegal. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu
Sosial, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.36636/dialektika.v6i1.470
Al rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota
Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178
Astuti, R., & Hasbi, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth
Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di
Kota Medan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis,
–135.
http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/scenario/article/view/117
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah
Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi), V(1), 61–75.
https://scholar.google.com/scholar?q=Pengaruh+Citra+Merek,+Har
ga+Dan+Promosi+Terhadap+Keputusan+Pembelian+Handphone+M
erek+Oppo+Di+Sleman+Daerah+Istimewa+Yogyakarta&hl=id&as_s
dt=0,5
Chandra, A. P., & Santoso, T. (2019). Pengaruh Brand Image, Kualitas
Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Outlet Mini
Melts Surabaya. Agora, 7(1), 1–5.
http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-
bisnis/article/view/8172
Dwi, P. (2010a). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. MediaKom.
Dwi, P. (2010b). Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. MediaKom.
Effendi, S. (1386). Penetapan harga dalam Perspektif Ekonomi Islam. 26–35.
Estu Mahanani. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga
dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Mataharimall.Com. Ikraith-Humaniora, 2(3), 53–61.
Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan
Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image
(Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen
Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga,
Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan
(AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF
Preprints, 1, 1–9.
Indahningrum, R. putri, Naranjo, J., Hernández, Naranjo, J., Peccato, L. O.
D. E. L., & Hernández. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping
Motivation, Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pda Produk
Fashion di Kalangan generasi Z di Kota Medan. Applied Microbiology and Biotechnology, 2507(1), 1–9.
https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.gold
er.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Irawan, H. T., & Pamungkas, L. (2019). Penetapan Harga Jual Batu Bata Pada
UD. Bata Jaya Dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing.
(April), 1–9.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga
Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening
Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran,
(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru
(Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau).
Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Kotler Philip dan Keller Kevin Lane. (2008). Manajemen Pemasaran
(Maulana Adi dan Hardani Wibi (ed.); 13th ed.). PT Gelora Aksara
Pratama.
Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi
Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah
Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31–42.
https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325
MANZANI, A., & Fadhilah, D. (2021). Pengaruh Penerapan Sifat Shiddiq,
Amanah, Fathanah Dan Tabligh Terhadap Keberhasilan Usaha
Online Shop. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(1), 13–23.
Mashrukhin. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Edisi Pert). Mibarda
Publishing.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion
Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.
https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Muhammad, M. (2009). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi
Islam. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Nanang, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis
Data Sekunder (Edoso Revi). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Ningsih, E. R. (2019). Perilaku Konsumen. Nora Media Enterprise.
Nisa, N. R., Rahayu, R., Kurniati, & Hardanti, R. N. (2019). Pengaruh
Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.
Administrasi Bisnis, 8(1), 59–66.
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand
Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan
Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi
Manajemen Bisnis, 3(1), 14.
https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026
Nurhalim, A. D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian Pada Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Indonesia
Terhadap Zara. Jurnal Bina Manajemen, 10(2), 26–41.
https://doi.org/10.52859/jbm.v10i2.204
Purnama, Andriawan Doni, D., & ... (2021). Analisa Keputusan Pembelian
ditinjau dari Citra Merek (Brand Image) dan Harga (Price) pada mobil
Honda Brio (Studi Empirik pada Pengguna Mobil Honda Brio di
Pondok Indah, Jakarta Selatan). JIMP: Jurnal Ilmiah …, 1(1), 56–68.
http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/20
%0Ahttp://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/d
ownload/2067/1157
Rahmawati, S. D., Djaelani, A. K., & Khalikussabir. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Price, Lifestyle Dan Location Terhadap Keputusan
Pembelian (Studi pada Konsumen Kopi Soe di Kabupaten Nganjuk).
Jurnal Riset Manajemen, 10(9), 136–149.
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/10668/8409
Sari, H. L., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk,
Brand Image, Brand Trust Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian
Smartphone Oppo. Jurnal Riset Manajemen, 53, 12–22.
Suhaidi, M., Nurhabibah, D., Akbar, E. E., & Iskandar, M. (1911).
Pengaruh Word of Mouth dan E-Commerce Terhadap Peningkatan
Pendapatan Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi
Islam, 8(02), 1911–1926.
Sunanti, A.A Dwi Widyani, I. M. S. U. (2021). Pengaruh Brand Image,
Brand Trust dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada
Visa Bali, Canggu. Jurnal Emas, 2(1), 51–70.
Usman, E. (2016). Psikologi Konsumen (B. Alwin (ed.)). PT
RAJAGRAFINDO PERSADA.
Yudisman, S. N. (2021). Hukum Berjenggot Dalam Islam: Kajian Terhadap
Fenomena Jenggot Sebagai Fashion Dalam Teori Sosial. Profetika:
Jurnal Studi Islam, 22(2), 296–307.
https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.16673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.