Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konveksi Rizma Collection)
Abstract
Dalam bisnis Islam sangat diperlukan adanya penerapan etika bisnis Islam yang baik seperti kejujuran, amanah, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui bagaimana praktik bisnis Islam,2) Untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, 3)Untuk mengetahui faktor penghambat dalam penerapan etika bisnis Islam dan solusinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Praktik bisnis yang dijalankan konveksi Rizma Collection sudah sesuai dengan aktivitas bisnis Islam, 2)Implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan loyalitas pelanggan telah diterapkan dengan cukup baik pada prinsip kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), dan kebenaran: kebajikan dan kejujuran, walaupun masih ada kekurangan pada prinsip tanggung jawab (responsibility), 3)Faktor penghambat dalam implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan loyalitas pelanggan diantaranya kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Islam lebih mendalam, produk yang dihasilkan masih belum seluruhnya jenis pakaian tertutup, serta kurang efektifnya pelayanan ketika banyak permintaan masuk. Namun solusi-solusi telah diupayakan demi perbaikan dalam implementasi etika bisnis Islam di konveksi Rizma Collection agar mampu meningkatkan loyalitas pelanggan
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Loyalitas Pelanggan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, M. M. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Alma, B., & Priansa, D. J. (2009). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu, D., & Anwar, S. (2022). Etika Bisnis Ekonomi Islam Dalam Menghadapi Tantangan Perekonomian Di Masa Depan. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 7(1), 52–61.
Aziz, A. (2013). ETIKA BISNIS PERSPEKTIF ISLAM Implementasi Etika Bisnis Islami Untuk Dunia Usaha. Bandung: Alfabeta.
Badroen, F., Mjufraeni, M. A., Suhendra, & Bashori, A. D. (2006). Etika Bisnis dalam islam. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Fauzia, I. Y. (2013). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana.
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mannan, A., & Ratih, I. wasti. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Mikro/UMKM. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 132–147.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114.
Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96–112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.295
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wardani, Y. M., & Ridlwan, A. A. (2022). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Pada PT. Tanjung Abadi. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(1), 37–52.
Yusanto, M. I., & Widjajakusuma, M. K. (2008). Menggagas Bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani.
Zakiyah, M. (2021). Implementasi Etika Bisnis Islam pada Bisnis Se Manis di Situbondo. Al-Idarah, 2(2), 75–89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.