Analisis Marketing Mix Syariah dalam Meningkatkan Brand Awareness Calon Jamaah PT Al Andalus Nusantara Travel
Abstract
Abstract
This study aims to determine the application of the sharia marketing mix strategy to increase the brand awareness of prospective pilgrims choosing to use the travel services of PT Al Andalus Nusantara Travel. This research uses a descriptive qualitative approach. The data in this study are primary data taken through observations and interviews and secondary data taken from journals, reference books, and other documents related to this study. Data collection techniques are done through interviews and observations. The results showed that the implementation of the 4P sharia marketing mix strategy of PT Al Andalus Nusantara Travel is by sharia principles by prioritizing fairness and transparency in its services. PT Al Andalus Nusantara Travel innovates new programs that now provide halal tour programs to increase the brand awareness of prospective pilgrims. Setting prices according to the market price range and can be accepted by the public with quality services. The promotion carried out by PT Al Andalus Nusantara starts from word of mouth as a direct promotion method and is active on social media such as Instagram, TikTok, Twitter, and YouTube. Promotion is carried out without exaggeration and by what is offered in brochures or advertisements. These methods can increase brand awareness among prospective pilgrims in deciding to choose to use this travel service.
Keywords: Marketing Mix; Sharia Marketing Mix; Brand Awareness.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix syariah dalam meningkatkan brand awareness calon jamaah dalam memilih menggunakan jasa travel PT Al Andalus Nusantara Travel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa data primer yang diambil melalui observasi dan wawancara serta data sekunder yang diambil jurnal-jurnal, buku referensi, serta dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi marketing mix syariah 4P PT Al Andalus Nusantara Travel telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dengan mengutamakan keadilan dan transparansi dalam pelayanannya. PT Al Andalus Nusantara Travel menginovasikan program-program baru yang kini menyediakan program halal tour sebagai langkah meningkatkan brand awareness calon jamaah. Dengan penetapan harga sesuai dengan range harga pasar dan dapat diterima oleh masyarakat dengan layanan yang berkualitas. Promosi yang dilakukan PT Al Andalus Nusantara mulai dari word of mouth sebagai metode promosi langsung dan aktif di media sosial seperti Instagram, Tiktok, Twitter, Youtube. Promosi dilakukan tanpa dilebih-lebihkan dan sesuai dengan apa yang ditawarkan pada brosur atau iklan. Metode-metode ini dapat meningkatkan brand awareness di kalangan calon jamaah dalam memutuskan memilih menggunakan jasa travel ini.
Kata Kunci: Strategi Marketing; Marketing Mix Syariah; Brand Awareness.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aaker, D. (2020). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Asofik, M. R., Syai’in, & Afif, A. (2020). Implementasi Marketing Mix Syariah di Era Industri 4.0 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah.
Fathoni, M. A. (2018). Konsep Pemasaran dalam Perspektif. Jurnal Hukum dan Syariah, 9(1), 128–146.
Ghealita, V., & Setyorini, R. (2015). Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian AMDK Merek Aqua (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung). 1.
Hamdan, U., Azzulala, B. N., & Nasifah. (2022). Urgensi Spiritual Marketing dan Marketing Syariah dalam Dunia Bisnis. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v9i1.5483
Hariyanto, M., & Setiawan, H. (2021). Konsep Marketing Mix dalam Ekonomi Islam. AL-AMAL, Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, Vol. 1(Juni), 43–50.
Husna, L. (2023). Perspektif Islam dalam Marketing Mix. 2, 17–22.
Julianti, J., Hak, N., & Shar, A. (2023). Analisis Marketing Mix Syariah pada Hotel Qieran Syariah Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 1639–1650. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i2.4353
Kafi, K. (2022). Strategi Marketing Syariah Upaya Peningkatan Penjualan di Sembako Ausath Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi. http://repository.library-iaida.ac.id/id/eprint/896/1/skripsi kafi.pdf
Kevin, K., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran terhadap Brand Awareness Brand Rockickz. Prologia, 4(1), 147. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6456
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Journal of Marketing (Vol. 37, Nomor 1). https://doi.org/10.2307/1250781
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Perspektif Syariah. 15–26.
Pudrianisa, S., & Topan, M. A. (2023). Komunikasi Pemasaran Studio Lunanuova dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media dan Cinema, 5(2), 253–260. https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.1066
Rianti, E. (2017). Personal Higiene dalam Perspektif Islam. Cinta Buku Media. https://www.scribd.com/document/371199969/Personal-Higiene-Dan-Sanitasi-Lingkungan-Dalam-Perspektif-Islam-1
Sagita, R. A., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Brand Awareness pada Sentra Olahan Salak Kunara Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(3), 327–340. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.233
Soegiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Syukur, P. A., & Syahbudin, F. (2020). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1), 71–94. https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.167
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. https://scholar.google.com/scholar?cluster=12271440376446656480&hl=en&oi=scholarr
Waliya, I., Choiriyah, & Fadilla. (2023). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran 7P (Marketing Mix) pada Penjualan Produk dalam Meningkatkan Pendapatan di Khadijah Galery Palembang. Marketing Mix, 131–142.
Wardhana, A. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding. Brand Marketing: the Art of Branding, January, 111–114.
Wulandari, C. I. (2021). The Role of Sharia-Based Marketing Mix terhadap Peningkatan Loyalitas Jamaah Umroh di Era Digital (Casepada PT. Hasbuna Dian Travelindo Kotagajah Lampung). 2(02), 15–32.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jebisku.v2i4.4106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.