Perilaku Konsumtif dan Media Sosial Gen Z terhadap Minat Menabung di Dompet Digital
Abstract
Abstract
This research explores the influence of students' consumptive behavior on their interest in saving in digital wallets. With the increasing use of financial technology, digital wallets have become a tool to facilitate transactions and savings. This research uses quantitative methodology with an explanatory study approach. The survey method is the main approach, where questionnaires are the main tool for collecting data. The sample in this study consisted of 100 Gen Z respondents in Pekalongan. SPSS 26.0 is used to process data from the collected questionnaire results. Based on the research results, consumer behavior does not significantly affect the interest in saving, with a value of t count < t table (1.214<1.66071). While, the social media variable significantly affects on the interest in saving, with a t value of 5.277 > t table 1.66071. In this research, it was concluded that social media has an important role in encouraging students to be more active in saving in digital wallets, while consumer behavior does not show a significant influence.
Keywords: Consumer Behavior; Social Media; Interest in Saving.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh perilaku konsumtif mahasiswa terhadap minat mereka untuk menabung di dompet digital. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi kuangan, dompet digital telah menjadi alat untuk memfasilitasi transaksi dan menabung. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan explanatory study. Metode survei digunakan sebagai pendekatan utama, di mana kuesioner menjadi alat utama untuk mengumpulkan data. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden Gen Z di Pekalongan. SPSS 26.0 digunakan untuk pengolahan data dari hasil kuesioner yang telah dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku konsumtif tidak mempengaruhi secara signifikan minat menabung dengan nilai t hitung < t tabel (1,214 < 1,66071). Sementara variabel media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai t hitung 5,277 > t tabel 1,66071. Dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dalam menabung didompet digital, sementara perilaku konsumtif tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif; Media Sosial; Minat Menabung.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, N., Redzuan, F., & Daud, N. A. (2020). E-Wallet: Factors Influencing User Acceptance towards Cashless Society in Malaysia among Public Universities. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 20(1). https://doi.org/10.11591/ijeecs.v20.i1.pp67-74
Ayu Paramitha Febrianty, D., & Saleh, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Dompet Digital terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Multidisiplin Borobudur-1 Jurnal Multidisiplin Borobudur, 1(2), 1–9.
Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 5(1), 1–19. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669
Ikhsan Thohir, M., Indra Mulyana, S., & Sembiring, F. (2023). Analisis Sentimen Aplikasi Dompet Digital pada Google Playstore dengan Metode SAW. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 5(2).
Iradianty, A., & Azizah, P. Z. (2023a). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Sosialisasi Keuangan Keluarga, dan Uang Saku, terhadap Minat Menabung pada Siswa Usia Remaja Kota Yogyakarta. Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1), 13–22. https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3600
Iradianty, A., & Azizah, P. Z. (2023b). Pengaruh Motivasi Menabung dan Pengetahuan Variasi Produk Bank Syariah Indonesia terhadap Minat Menabung Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIQI). Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1). https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3600
Khando, K., Islam, M. S., & Gao, S. (2023). The Emerging Technologies of Digital Payments and Associated Challenges: A Systematic Literature Review. In Future Internet (Vol. 15, Issue 1). https://doi.org/10.3390/fi15010021
Khoiriyah, S., Setiaji, G., St Qurrota A’yun, I., & Kusumaningtyas, Z. (2023). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital terhadap Tingkat Konsumerisme Mahasiswa di Lingkungan Universitas Negeri Semarang. Jurnal Potensial, 2(1), 26–34. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/potensial
Lukito, S., & Khairunnisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan terhadap Cashless Society. Jurnal Informasi Akuntansi (JIA), 1(2). https://doi.org/10.32524/jia.v1i2.588
Muthi’ah, F., & Indrarini, R. (2023). Pengaruh Literasi, Kegunaan, dan Kemudahan terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Digital Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1).
Putri, D. E., Tinggi, S., Ekonomi, I., Agung, S., Sinaga, O. S.,
Julyanthry, J., & Sudirman, A. (2022). Meningkatkan Niat Menggunakan Dompet Digital pada Generasi Z dan Milenial dengan Cashbak Promotion sebagai Mediator Edy Dharma. Jurnal Ilmu Manajemen, 10.
Raszad, S. E. F., & Purwanto, E. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menabung (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Surabaya). Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2). https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.966
Rosalia, N., Pratiwi, M. R., Albab, C. U., & Aliya, F. N. (2022). Akun Instagram Parenting sebagai Media Edukasi Ketahanan Keluarga. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.38194/jurkom.v5i2.464
Widayat, W., Masudin, I., & Satiti, N. R. (2020). E-Money Payment: Customers’ Adopting Factors and The Implication for Open Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(3). https://doi.org/10.3390/JOITMC6030057
Widowati, A. I., Universari, N., & Wahdi, N. (2022). Deskripsi Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.46918/point.v4i1.1391
Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Determinants of Student Consumtive Behavior. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(01).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.