Implementasi Transaksi Pembayaran Cashless dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)

Gita Fadhila Amanda Sherlyani, Widi Safitri Andriasari

Abstract


QRIS merupakan sistem pembayaran cashless berbasis QR Code yang sesuai dengan standar Indonesia. QRIS digunakan untuk menstandarisasi seluruh aplikasi e-wallet yang menggunakan sistem QR Code. Perkembangan teknologi ini juga dimanfaatkan oleh perbankan yang ingin selalu memudahkan nasabah dengan memberikan inovasi terbaru dalam  produk-produknya. Salah satu perbankan yang mengikuti perkembangan teknologi digital adalah Bank BCA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian QRIS pada nasabah Bank BCA. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor pengimplementasian QRIS pada nasabah Bank BCA yaitu pengetahuan nasabah BCA, kepercayaan nasabah BCA, manfaat dan kendala yang dirasakan nasabah BCA selama menggunakan QRIS. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi kepada para nasabah BCA secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, kepercayaan, manfaat dan kendala menjadi faktor nasabah BCA dalam mengimplementasikan QRIS.

Kata Kunci: Pengetahuan, Kepercayaan, Manfaat, Kendala, QRIS


References


Pustaka Jurnal Ilmiah:

Chotifah, Y. S. (2018). Peningkatan Minat Menabung di Bank Syariah Melalui Program Office Channeling. Journal of Finance and Islamic Banking, 1(1), 65–75.

Hasanah, U., Rusydi, M., Maulana, C. Z., & Azwari, P. C. (2021). Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Di Kota Palembang : Pendekatan Teori Technology Acceptance Model ( TAM ) pada Layanan Syariah LinkAja. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, 10(1), 93–107.

Kurnia Rahman, F. S., & Supriyanto. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi minat penggunaan qris sebagai metode pembayaran pada masa pandemi. Inasjif: Indonesian Scientific Journal of Islamic Finance, 1(1), 1–21.

Lomi, M. D. S., & Darma, G. S. (2021). Jalan Terjal Implementasi QR Code Bank BCA Bali. JAP (Jurnal Akuntasi Dan Pajak), 22(2), 834–841.

Mora Agatha Gultom, T., Manurung, H., & SImanjuntak, N. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Pakaian Online Shopee. Jurnal Darma Agung, 30(3), 595–608.

Novitasari, C. A., Manggabarani, A. S., & Astuti, M. (2021). Analisis Kepuasan Nasabah Mobile Banking Pada Bank BCA. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 19(2), 1–12. https://doi.org/10.52330/jtm.v19i2.26

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. Comtech: Computer, Mathematics, and Engineering Applications, 5(9), 1110–1118.

Nurdin, N., Restiti, D., & Amalia, R. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Pengetahuan tentang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah (Vol. 3, Issue 2). https://www.googlescholar.com

Nurdin, S., & Putra, N. (2019). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Pelanggan dalam Menggunakan Kartu Pascabayar halo. Jesya: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2(1), 108–114.

Ramadani Silalahi, P., Tambunan, K., Ramadhany Batubara, T., Ekonomi Islam, J., & Ekonomi dan Bisnis Islam, F. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin (Vol. 1, Issue 2).

Retnaningsih, R. (2016). Pelindung Telinga dengan Penggunaannya Pada Pekerja di PT . X. Journal of Industrial Hygiene and Occuptional Health, 1(1), 67–82.

Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. Urecol: University Researh Colloquium, 305–314.

Tusyanah. (2022). Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Adopsi Transaksi Non Tunai dengan Model Utaut Pada Generasi Millenial. Qiara Media. https://doi.org/9786236109984

Wahyuliza, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi STIE Haji Agus Salim Bukittinggi, XVIII(2), 155–167.

Yuke, A., Putra Pratama, W., Sartika, I., Maghfiroh, E., & Priharsari, D. (2022). Analisis Minat Penggunaan Cashless Payment dalam Transaksi Jual Beli Selama Pandemi pada UMKM Kota Malang (Vol. 6, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id

Pustaka Judul Buku:

Bank Central Asia, P. (2021). Innovation and Collaboration for a Better Tomorrow. In PT Bank Central Asia.

Dwi Andriani, A., Indah Yuniawati, R., Pandriadi, Hamidin, D., Priambodo, A., Suhardi, Sulaeman, M., Susanti, L., Darmawan, A., & Martono, S. (2022). Transformasi Indonesia Menuju Cashless Society (1st ed.). Tohar Media.

Sriekaningsih, A. (2020). QRIS dan Era Baru Transaksi Pembayaran 4.0 (1st ed.).

Sugiana, D., & Muhtadi, D. (2019). Augmented Reality Type QR Code : Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4 . 0. 135–140.

Syahriyal. (2018). Pengaruh Persepsi Nilai dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Serta Dampaknnya Kepada Keputusan Menabung Pada Perbankan Syariah di Banda Aceh. 4(1), 139–156.

Pustaka Link:

Kanal dan Layanan. Bank Indonesia. Diakses pada 26 November 2022, from https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.