Celebrity Endorser dan Advertising Appeal terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image pada Konsumen Produk Sepatu Bata

Ahmad Saiful Umam, Sufiana Noor

Abstract


Abstract

This study analyzes the influence of celebrity endorsers and advertising appeal on brand image and purchasing decisions for Bata shoe products. In addition, this study also examines the role of brand image in mediating the influence of advertising appeal on purchasing decisions. The research sample involved 165 respondents who knew and had used Bata shoe products. The study employs a quantitative method with path analysis while data was processed using Amos 24 software. The results of the study indicate that 1) celebrity endorsers influence brand image, 2) advertising appeal influences brand image, 3) brand image influences purchasing decisions, 4) advertising appeal influences purchasing decisions, 5) celebrity endorsers did not influence purchasing decisions, 6) advertising appeal did not influence purchasing decisions through brand image, and 7) celebrity endorsers influence purchasing decisions through the brand image of Bata shoe product consumers at IAIN Kudus students.

Keywords: Advertising Appeal; Brand Image; Celebrity Endorser; Purchasing Decision.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser dan daya tarik iklan terhadap citra merek serta keputusan pembelian produk sepatu Bata. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran citra merek dalam memediasi pengaruh daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian. Sampel penelitian melibatkan 165 responden yang mengetahui dan pernah menggunakan produk sepatu Bata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur dan data diolah menggunakan software Amos 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) celebrity endorser berpengaruh terhadap brand image, 2) advertising appeal berpengaruh terhadap brand image, 3) brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 4) advertising appeal berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 5) celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 6) advertising appeal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui brand image, 7) celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui brand image konsumen produk sepatu Bata pada mahasiswa IAIN Kudus.

Kata Kunci: Advertising Appeal; Brand Image; Celebrity Endorser; Keputusan Pembelian.


References


Alvin Pratama. (2023). Transformasi Brand Bata yang Berevolusi menjadi Perusahaan Ritel Modern. Info Brand. https://infobrand.id/transformasi-brand-bata-yang-berevolusi-menjadi-perusahaan-ritel-modern.phtml

Anjani, W. P., & Ngatno. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Minuman Ringan Bersoda Merek Coca-Cola di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 26–34.

Ardiansyah, M. F., Aquinia, A., Program, S., S1, M., Ekonomika dan Bisnis, F., & Semarang, U. S. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Marketplace Tokopedia). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2469.

Arga Naafi Pratama dan Kristina Anindita Hayuningtia. (2022). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Scoopy di Semarang). Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 425–436.

Arif Efendi. (2017). Pengaruh Iklan dan Brand Image Teh Botol Sosro terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten). Angewandte Chemie International Edition, 5(11), 951–952.

Bagus, I., & Dp, B. (2019). Pengaruh Brand Equity terhadap Niat Beli Konsumen Dimediasi Brand Preference. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 2697–2721.

Cindy Mutia Annur. (2023). Deretan Merek Sneakers Paling Disukai Masyarakat Indonesia, Adidas Juaranya! Katada.Com. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/27/deretan-merek-sneakers-paling-disukai-masyarakat-indonesia-adidas-juaranya

Dyah, Afsyah, A., Suryono, D., & Santosa, B. (2022). Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Kantor Pos Indonesia di Wilayah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. In BP Universitas Diponegoro. BP Universitas Diponegoro.

Ghazali, I. (2017). Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM. BP UNDIP.

Harmoko, I. (2017). Strategi Pemasaran Produk Bank Syariah dalam Persaingan Bisnis Perbankan Nasional. Wadiah, 1(1), 22–41.

Ikawati, K., Militina, T., & Achmad, G. N. (2021). The Effect of Celebrity Endorsers and Advertising Attractiveness on Brand Image and Purchase Decisions for Tokopedia Application Users in Samarinda. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 461–471.

Jau-Shyong Wan, Y.-F. C. dan Y.-L. C. (2012). Effect of Celebrity Endorsements on Consumer Purchase Intentions: Advertising Effect and Advertising Appeal as Mediators. Human Factors and Ergonomics in Manufacturing, 16(1), 61–81.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset.

Junaidi. (2021). Aplikasi AMOS dan Structural Equation Modeling (SEM). In H. Sari (Ed.), UPT Unhas Press. UNHAS Press.

Kasyful Ghummah karya Sayyid Muhammad al-Maliki. (2023). Keutamaan Mengajak Kebaikan ala Sayyid Muhammad al-Maliki. NU ONLINE. https://banten.nu.or.id/keislaman/keutamaan-mengajak-kebaikan-ala-sayyid-muhammad-al-maliki-3How6#:~:text=Yakni sebagai hadis shahih.&text=Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah,sedikitpun pahala orang yang melakukannya.

M. Fathrezza Imani, M. Khoirul Fikri, & Almas Filzah. (2022). Pengaruh Kreatif, Inovasi, dan Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Daya Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi, dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138.

Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Rajawali Pers.

Megayani, & Marlina, E. (2019). The Effect of Celebrity Endorsements on Purchase Intentions through Brand Image as an Intervening Variable (Case Study on Geprek Ayam Bensu in Rawamangun Period 2018). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 175–193. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/277

Menitulo, G., Paskais, D., & Timotius, D. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Anisa Kecamatan Teluk dalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 297–308.

Muhammad Hafif Rafi Andhika, Radja Erland Hamzah, Mukka Pasaribu, C. E. P. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Promosi @suasanakopi. JURNAL CYBER PR, 2(2), 107–118. https://doi.org/10.36085/jsikom.v3i2.4135

Musay, F. P. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 118.

Örs, M., & Alawadhi, R. (2020). Effect of Celebrity Endorsement on Consumers Purchase Intention in the Mediation Effect of Brand Image. Journal of Business Research - Turk, 12(1), 454–468. https://doi.org/10.20491/isarder.2020.855

Peter, J. P. dan J. C. O. (200 C.E.). Consumer Behavior, Perilaku Konsumen, dan Strategi Pemasaran (Jilid 2, E). Erlangga.

Prastiyani, M., & Suhartono. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Smartphone Advan melalui Citra Merek sebagai Variabel Intervening di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen, 7(1), 62–63.

Prayogi, B. S. (2021). Pembelian Konsumen pada Sepatu Specs (Studi Kasus di Toko Andra Sports Ambulu). Jurnal Bisnis Net, IV(2), 50–65.

Putu Novi Triska Dewi, & Ni Wayan Ekawati, N. (2021). The Role of Brand Image Mediated The Effect of Celebrity Endorser’s Credibility on Purchase Decisions for Vivo Smartphone in Denpasar. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 290–301. www.ajhssr.com

Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 1177(2776–1177), 1–14.

Rita. (2018). Brand Image. Binus University Bussines Scholl. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/03/27/brand-image/

Shi, P., Lu, X., Zhou, Y., Sun, C., Wang, L., & Geng, B. (2021). Online Star vs. Celebrity Endorsements: The Role of Self-Concept and Advertising Appeal in Influencing Purchase Intention. Frontiers in Psychology, 12(November), 1–15.

Siahaan, Marintan Damay Yanti, Suherman, B. S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Konten Iklan terhadap Brand Image serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Marintan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(2), 456–478.

Trends, G. (2023). Merek Sepatu. Google Trends. https://trends.google.co.id/trends/explore?geo=ID&q=merek sepatu

Vionita Eka Legasari, S. I. dan S. R., & Dosen. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan, dan Kredibilitas Endorser terhadap Efektivitas Iklan dan Sikap Konsumen pada Sabun Pemutih Wajah Merek Oil Of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 21(3), 545–555.

Widarti, D. W. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Advertising Appeal terhadap Purchase Decision melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Mie Sedaap Korean Spicy Chicken (Studi pada Mahasiswa di Kabupaten Kebumen). 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.