Persepsi, Promosi, dan Pengetahuan terhadap Keputusan Memilih Produk Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara
Abstract
Abstract
This research aims to determine the influence of perception, promotion, and knowledge on the decision to choose sharia pawnshop products at the Pasar Ngabul Jepara Branch. This research uses a quantitative methodology that combines primary data from field research with secondary data. The sample in this research was 95 sharia pawnshop customers who were obtained using probability sampling techniques applied using the simple random sampling method. SPSS is used to process data from the collected questionnaire results. Based on the research results, the decision to choose a product at the sharia pawnshop Pasar Ngabul Jepara branch is significantly influenced by the perception variable with a significance level of 0.000 < 0.05 and a value of tcount > ttable (4.180 > 1.98638). The promotion variable does not have a significant effect on the decision to choose sharia pawnshop products at the Pasar Ngabul Jepara branch, which is indicated by the tcount -0.172 < ttable 1.98638 and the significance is 0.864 > 0.05. The knowledge variable has a significant effect on the decision to choose Sharia Pawnshop products, Pasar Ngabul Jepara Branch with tcount 5.766 > ttable 1.98638 and a significance level of 0.000 < 0.05.
Keywords: Perception; Promotion; Knowledge, Decisions to Choose.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi, promosi, dan pengetahuan terhadap keputusan memilih produk Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang menggabungkan data primer hasil penelitian lapangan dengan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 nasabah pegadaian syariah yang diperoleh menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. SPSS digunakan untuk pengolahan data dari hasil kuesioner yang telah dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, keputusan memilih produk pada Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara dipengaruhi secara signifikan oleh variabel persepsi dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (4,180 > 1,98638). Variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih produk Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara yag ditunjukkan oleh nilai thitung -0,172 < ttabel 1,98638 dan signifikansi 0,864 > 0,05. Variabel pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih produk Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara dengan nilai thitung 5,766 > ttabel 1,98638 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Persepsi; Promosi; Pengetahuan; Keputusan Memilih.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditya, I. G. G., & Yasa, N. N. K. (2024). Niat Beli Ulang : Persepsi Harga, Brand Image, dan Kualitas Produk. PT Media Pustaka Indo.
Afandi, A., Fahieti, W. H., & Zainuddin, M. (2023). Pengaruh Produk Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Pegadaian Syari’ah Pasar Merdeka di Samarinda. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 6(1), 29.
Alaslan, A. (2017). Persepsi Masyarakat dan Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Otonomi-STIA TRINITAS, 10(20), 4.
Apriani, I., Majid, N., & Rohana. (2023). Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabungkan Emas di Unit Pegadaian Syariah UIN STS Jambi. Journal of Economics and Business Management, 2(1), 228.
Arifin, M. I. (2023). Pengaruh Persepsi, Lokasi, Promosi, dan Pengetahuan Produk terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah. Universitas Islam Negeri Lampung.
Darmawati, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. 08(02), 47.
Estiana, R., Karomah, N. G., & Setiady, T. (2022). Efektivitas Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM (cetakan pertama). Deepublish.
Fajri, N. (2018). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Alasan Syariah terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa PT. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Harahap, T. S. R. (2020). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Nasabah terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai Emas di PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Medan Iskandar Muda. Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 3–4.
Hardiyanti, I. S., & Sajiyo. (2024). Islamic Good Corporate Governance (IGCG) dan Financial Literacy pada Lembaga Zakat (N. Duniawati (ed.)). CV. Adanu Abimata. https://books.google.com/books/about/Islamic_Good_Governance_IGCG_D.html?hl=id&id=oC72EAAAQBAJ
Ihsan, F. M. (2020). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya). Umiversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Inayatullah, Diana, N., & Alrasyid, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Minat dan Keputusan Pengguna Tabungan Lembaga Keuangan Syariah (Studi pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Unisma Pengguna BSI. Islamic Economic and Finance Journal, 3(2), 193.
Iqbal, M., Hamid, A., & Mastura. (2019). Pengaruh Motivasi, Perilaku, dan Pemahaman terhadap Keputusan Masyarakat dalam Memilih Bank Syariah di Aceh Tamiang. Jurnal Investasi Islam2, 4(2), 159.
Khazanah, O. N. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Santri terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Pada Santri Minhajut Tholabah Kembangan Bukateja Purbalingga). IAIN Purwokerto.
Lamsari, N., Rafidah, & Ridho, M. T. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Minat Menggunakan Layanan Pegadaian Syariah di Kota Jambi. Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(4), 21.
Lestari, R. S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bank Syariah. Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni. (n.d.). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 131.
Mentari, N. M., Yohani, & Hudaya, F. (n.d.). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Motivasi, dan Persepsi terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Pekalongan. Majalah Neraca, 50.
Muljafar, M. A., Fauzi, M. A., & Sari, R. L. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada Pegadaian Syariah Kabupaten Kendal). Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam, 2(1), 28.
Ningsih, G., Dayyan, M., & Nurjanah. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia di Pegadaian Syariah Langsa Barat. Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 90.
Ningsih, U. R. (2023). Pengaruh Persepsi Masyarakat dan Gaya Hidup Syariah Terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai (Rahn) di Pegadaian UPS (Unit Pelayanan Syariah) Bunder, Lombok Tengah. Universitas Islam Negeri Mataram.
Olii, N. F. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Pegadaian Syariah Cabang Pegadaian Syariah (CPS) Datoe Binangkang. Institut Agama Islam Negeri Manado.
Olii, N. F., & Yusuf, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Pegadaian Syariah pada Cabang Pegadaian Syariah (CPS) Datoe Binangkang. Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 36–37.
Rinnanik, Pariyanti, E., Bakhri, S., Buchori, Sulastri, S., Dede, Mardiono, T., Sugiono, Gumanti, M., & Misubargo. (2020). Ilmu Manajemen di Era 4.0 (C. Jatiningrum & S. Rahayu (eds.)). Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).
Ruhaniah, N., Tanjung, H., & Hakiem, H. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Implementasi Syariah terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(1), 61.
Sabarini, S. S., Liskustyawati, H., Sunardi, Satyawan, B., Nugroho, D., & Putra, B. N. (2021). Persepsi dan Pengalaman Akademik Dosen Keolahragaan Mengimplementasikan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Deepublish.
Sari, J. D. P., & Azzafira, S. (2021). Analisis Pengaruh Pendapatan dan Pengetahuan terhadap Minat Calon Nasabah Berinvestasi Emas di Pegadaian Syariah. Jurnal Investasi Islam, 6(2), 971.
Sitorus, F. S. (2019). Analisis Tingkat Pengetahuan Masyarakat terhadap Produk Perbankan Syariah di Kelurahan Pematang Pasir Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sulistiyawan, E., & Alam, W. Y. (2023). Marketing Strategis. Penerbit CV. Pena Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.