Pengetahuan dan Religiusitas pada Keputusan Memilih Bank Syariah di Kabupaten Kudus
Abstract
Abstract
This research aims to analyze how knowledge and religiosity influence the decision to choose a sharia bank in the Kudus Regency. This research method applies a quantitative approach and involves field research with primary data collection used to conduct research. The sample for this study used probability sampling, a random sampling method, namely the Kudus community of as many as 97 people. SPSS version 25 was used for data processing and a Google Form was used for the questionnaire. Research findings indicate that there is a significant relationship between knowledge and the decision to choose a sharia bank in Kudus Regency. This is supported by a t value of 7,475 > t table 1,661 and a significance value of 0,000 < 0,05. Religiosity does not have a significant impact on the decision to choose a sharia bank in the Kudus Regency. This is supported by the calculated t value of 0,536 < t table value of 1,661 and the significance of 0.529, which is greater than 0.05.
Keywords: Knowledge; Religiosity; Voting Decision; Syariah Banking.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengetahuan dan religiusitas mempengaruhi keputusan memilih bank syariah di Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan melibatkan penelitian lapangan dengan pengumpulan data primer yang digunakan untuk melakukan penelitian. Sampel penelitian ini menggunakan sampling probabilitas metode sampling random yaitu masyarakat Kudus sebanyak 97 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui Google Formulir dan pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 25. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan terhadap keputusan memilih bank syariah di Kabupaten Kudus. Hal ini didukung oleh nilai thitung sebesar 7,475 > ttabel 1,661 serta signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai yang telah ditetapkan (0,05). Religiusitas tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan untuk memilih bank syariah di Kabupaten Kudus. Hal ini diperkuat dengan nilai thitung sebesar 0,536 < nilai ttabel sebesar 1,661 serta signifikansi sebesar 0,529 yang lebih besar dari nilai yang telah dinyatakan yakni (0,05).
Kata Kunci: Pengetahuan; Religiusitas; Keputusan Memilih; Perbankan Syariah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2023). Ojk 2023. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk, dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
Bulkia, S., Herawati, A. S., & Hasanah, N. (2019). Pengaruh Pengetahuan Nasabah Dan Kualitas Layanan terhadap Minat Individu Pengguna Internet Banking Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(2), 90–97. https://doi.org/10.31602/atd.v3i2.1873
Hakim, L. (2021). Perbankan Syariah. Duta Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=X9xDDwAAQBAJ
Harahap, N. R. A., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Produk Bank Syariah terhadap Keputusan Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kec. Air Joman). Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 4(1), 1384–1400.
Haryanto, M. M., & Rudy, D. R. (2020). Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik). Duta Media Publishing. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/356%0Ahttp://repository.iainmadura.ac.id/356/5/Manajemen Pemasaran Bank Syariah %28Rudy Haryanto%29 B5.pdf
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Prenada Media Group.
Mardiana, E., Thamrin, H., & Nuraini, P. (2021). Analisis Religiusitas Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 512–520. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8309
Najiyah, F. (2017). Pengaruh Nilai-Nilai Religiusitas terhadap Loyalitas Kerja Agency pada PT. Takaful Umum Cabang Surabaya. OECONOMICUS Jurnal of Economics, 1, 26–44.
Nasution, S. N., & Susianto. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri KCPSy Belawan (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Belawan II). Jurnal FEB 1, 1, 580.
Soemitra, A. (2016). Bank & Lembaga Keuangan Syariah (Cetakan ke). Kencana.
Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (T. Admojo (ed.). CAPS.
Syahriyal. (2018). Pengaruh Persepsi Nilai dan Pengetahuan Masyarakat terhadap Minat Menabung serta Dampaknnya kepada Keputusan Menabung pada Perbankan Syariah di Banda Aceh. Perspektif Ekonomi Darusalam, 4(1), 139–156.
Wijaya, A., Wulandari, J., & Nugeraha, P. (2020). Kajian tentang Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan dalam Perspektif Theory of Planned Behavior. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 141. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i2.2658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.