Religiusitas, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Minat Generasi Milenial dalam Pengambilan KPR Syariah di Kabupaten Kudus

Tika Isna Febriyanti, Agep Rumanto

Abstract


Abstract

This research aims to determine the influence of religiosity, facilities, and location on the interest of millennial people in taking out sharia KPR in Kudus Regency. The population in this research is all millennial people in the Kudus Regency. The sample used in this research was 100 respondents. The method used in this research is a quantitative research method. This research variable uses two variables, namely the independent variable and the dependent variable. The independent variables in this study are religiosity, facilities, and location, while the dependent variable is millennials' interest in taking out KPR in Kudus Regency. This research uses primary data from questionnaires and is analyzed using the SPSS 26 application. The results of this research show that the religiosity variable has no positive and insignificant effect on millennial people's interest in taking out Sharia KPR. Meanwhile, the facilities and location variables have a positive and significant effect on the interest of millennial people in taking out Sharia KPR in Kudus Regency.

Keywords: Interest; Religiosity; Facility; Location.


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh religiusitas, fasilitas, dan lokasi terhadap minat masyarakat milenial dalam pengambilan KPR Kabupaten Kudus. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh masyarakat milenial di Kabupaten Kudus. Adapun sampel yang digunakan penelitian ini adalah 100 Responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel Idependen dan variabel dependen. Untuk variabel independen pada penelitian ini adalah religiusitas, fasilitas, dan lokasi, sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah minat masyarakat milenial dalam pengambilan KPR di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari kuesioner dan dianalisis dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Religiusitas tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat masyarakat milenial dalam pengambilan KPR Syariah. Sedangkan variabel Fasilitas dan Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat milenial dalam pengambilan KPR Syariah di Kabupaten Kudus.

Kata Kunci: Minat; Religiusitas; Fasilitas; Lokasi.


References


Ahmad, L., & Sulistiana, T. (2021). Analisis Uang Muka dalam Akad Murabahah pada Kredit Pemilikan Rumah (Studi pada BNI Syariah KCP Jababeka Cikarang Bekasi). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(1), 55–64. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i01.177

Alfa, L. R., Tarmizi, A., Mutia, A., Diwantara, V., Islam, U., Sulthan, N., & Saifuddin, T. (2024). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Properti pada PT. Griya Permata Kencana Jambi. JRIME : Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi 2(1).

Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2(1), 43–57.

Azizah, L. N. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Pendapatan, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Permintaan Rumah Subsidi (Studi Kasus Perumahan Planet Green Tambora Lamongan). Media Mahardika, 17(3), 444–450.

Maharani, N. S. (2020). Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 57. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.702

Muhammad Nasrullah. (2020). Islamic Branding, Religiusitas, dan Keputusan Konsumen terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam (JHI) 13(July), 1–23.

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391–402. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2018

Sihotang, M. K. (2018). Pengaruh Fasilitas , Lokasi dan Pendapatan terhadap Permintaan Perumahan Syariah di Kota Medan. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 1–7.

Sodik, F., Nur Zaida, A., & Zulmiati, K. (2022). Analisis Minat Penggunaan pada Fitur Pembelian Mobile Banking BSI: Pendekatan TAM dan TPB. Journal of Business Management and Islamic Banking, 1(1), 35–53. https://doi.org/10.14421/jbmib.2022.011-03

Sofiyanto, I., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Lokasi, Tingkat Suku Bunga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Pemilikan Rumah (Studi Empiris Pada PT. Bank Tabungan Negarq (Persero) Cabang Semarang). Journal of Management, 2(2), 110. Retrieved from http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/513

Waluya, A. H., Arifin, S., Yasid, A., & Ritonga, I. (2022). Intensi Generasi Milenial Kota Banda Aceh terhadap Produk KPR Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2545–2554. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6419

Yahya, A. (2016). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah (Studi Pada KPR Syariah Bank BTN Syariah Cabang Malang). Jurnal Ilmiah, 10(2), 1–94.

Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/maj.v2i1.1408


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.