Media Sosial, Pengetahuan, dan Altruisme terhadap Minat Bersedekah Karyawan Percetakan dan Penerbitan Menara Kudus
Abstract
Abstract
Almsgiving is an activity that is carried out by everyone, so there are several factors in a person that can be the background to this activity. This research aims to determine the factors that can influence interest in giving alms by taking the variables of social media, knowledge, and altruism. This type of research is quantitative research using the case study method. The population taken was employees of Menara Kudus Printing and Publishing company. The number of samples taken using the Slovin formula is 59 employees. The data collection technique used was a questionnaire. The analysis method uses multiple linear regression analysis with the SPSS 26 software application. The results obtained from this research are that the social media variable does not have a significant influence on interest in giving alms, while the knowledge and altruism variables have a significant influence on interest in giving alms. For testing using the f test, it was found that all variables together had a significantly significant effect on interest in giving alms. From the coefficient determination test, all independent variables also contributed to the dependent variable by 45.3%.
Keywords: Social Media; Knowledge; Altruism; Interest in Charity.
Abstrak
Sedekah merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh semua orang, sehingga ada beberapa faktor dari seseorang yang dapat melatarbelakangi sebuah kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat memengaruhi minat bersedekah dengan mengambil variabel media sosial, pengetahuan, dan altruisme. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode studi kasus. Populasi yang diambil yaitu karyawan Percetakan dan Penerbitan Menara Kudus dengan jumlah sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin dan didapatkan angka sebanyak 59 orang karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan aplikasi software SPSS 26. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu variabel media sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat bersedekah sedangkan untuk variabel pengetahuan dan altruisme memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat bersedekah. Untuk pengujian dengan uji f didapatkan seluruh variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat besedekah. Dari hasi pengujian uji determinasi koefisiensi seluruh variabel independen juga memberikan kontribusi terhadap variabel dependen sebesar 45,3%.
Kata Kunci: Media Sosial; Pengetahuan; Altruisme; Minat Bersedekah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdad, M. Z. (2003). Lembaga Perekonomian Umat di Dunia Islam (1st ed.). Bandung: Angkasa.
Alia Akhmad, K. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Untuk Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, Vol 2(6), 174. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/419
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Didin Hafidhuddin. (1998). Panduan Praktis Tentang Zakat Infaq Sedekah (1st ed.). Jakarta: Gema Insani Press.
Fakhriyah, F., & Aulia, P. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Altruisme Siswa SMA yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3), 3.
Farma, J., & Umuri, K. (2021). Filantropi Islam dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat. JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah, Vol 1(1), 15.
Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., P.S, T. E. A., Djaya, T. R., Ayu, A. S., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring Sebelum Sharing. Cirebon: Penerbit Insania.
Harun, N. (2007). Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Iswahyuni, I. (2021). Pengaruh Iklan Zakat melalui Media Online Terhadap Loyalitas Muzaki di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bali. Widya Balina, Vol 6(2), 273–283. https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.105
Kholil, M. (2020). Pengaruh Religiusitas, Altruisme, dan Pemahaman Zakat Terhadap Petani Membayar Kewajiban Zakat. Etheses IAIN Ponorogo, 35.
Latif, M. (2015). Orientasi ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Lubis, A. Y. (2016). Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia,C. A., Schulz, N. D., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2023). Outlook Zakat Indonesia. Pusat Kajian Strategis BAZNAS, Vol 6(August), 128.
Muqsith, M. A. (2022). Pesan Politik di Media Sosial Twitter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Nasution, & Albani, M. S. (2015). Ilmu Sosial Budaya Dasar (1st ed.). Jakarta: Rajawali pers.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. In Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015 (Vol. 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rafif, A. H. R. (2023). Pengaruh Perilaku Prososial terhadap Minat Bersedekah (Pada Alumni STIE Muhammadiyah Jakarta Angkatan 96-97 Jurusan Akuntansi). 12.
Rahman, A. A. (2017). Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik (1st ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Casmini, C., Budiarto, A., Pratiwi, S., & Anwar, M. K. (2021). Urgensi Altruisme Dan Hardiness pada Relawan Penanggulangan Bencana Alam: Sebuah Studi Kepustakaan. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, Vol 1(1), 49. http://alisyraq.pabki.org/index.php/aiccra/article/view/87/59
Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis tentang Makna Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan serta Jenis dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, Vol 4(1), 39. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96
Sarasati, B., & Jaenudin, U. (2021). Altruisme Pengobat Alternatif. Jurnal Psikologi Integratif, Vol 9(2), 262. https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i2.2216
Tartila, M. F., & Aulia, L. A.-A. (2021). Kecerdasan Interpersonal dan Perilaku Prososial. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, Vol 8(1), 57. https://doi.org/10.35891/jip.v8i1.2649
Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Utami, P. E. (2020). Pengaruh Religiusitas, Perilaku Altruistik, dan Literasi terhadap Minat Berwakaf Uang Masyarakat Muslim Kabupaten Grobogan. E-Print Walisongo, Vol 21(1), 101.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus
JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.