Minat Masyarakat Non-Muslim Menjadi Nasabah Lembaga Keuangan Syariah di Blora

Violanita Angga Astrini, Ibnu Muttaqin

Abstract


Sistem ekonomi syariah yang signifikan dengan sifat masyarakat akan membuat pengguna jasanya tertarik secara finansial. Lembaga keuangan syariah diharapkan dapat menjalankan pangsa pasar sebagai alternatif bentuk sistem ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat minat masyarakat non-muslim menjadi nasabah lembaga keuangan syariah melalui aspek persepsi, reputasi dan sosial. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Masyarakat non muslim di Blora sebagai obyek dengan metode simple random sampling sebagai pengambilan sampel. Rumus Slovin menghasilkan 100 responden dari 14.084 jumlah masyarakat non muslim di Blora. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Perhitungan dari uji t, mesin persepsi (X1), reputasi (X2) dan sosial (X3) berpengaruh positif terhadap minat non-muslim menjadi nasabah lembaga keuangan syariah (Y). Penelitian ini menjadi gambaran kepada lembaga keuangan syariah ketika mempromosikan produknya tidak hanya melalui media online dan cetak, tetapi juga memasarkan secara langsung kepada masyarakat untuk menjemput bola, sehingga lembaga keuangan syariah diminati masyarakat muslim maupun non muslim.Kata Kunci: persepsi, reputasi, sosial, minat, lembaga keuangan syariah, non-muslim

References


Adawia, Popon Rabia, Ayu Azizah, Yenia Endriastuty, and Sugandi. 2020. Sebatik. Kalimantan Timur: STMIK Widya Cipta Dharma.

Aditya, Addin, Yekti Asmoro Kanthi, and Siti Aminah. 2022. Metodologi Penelitian Ilmiah Dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ajzen, Icek, and B. L. Driver. 1991. Prediction of Leisure Participation from Behavioral, Normative, and Control Beliefs: An Application of the Theory Planned Behavior. Leisure Sciences.

Amin, Hanudin, Abdul Rahim, and Abdul Rahman. 2011. Determinants of Customers Intention to Use Islamic Personal Financing The Case of Malaysian Islamic Banks.

Bimo, Walgito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.

BPS. 2020. “Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota Dan Agama Yang Dianut Di Provinsi Jawa Tengah.” Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Retrieved November 18, 2022 (https://jateng.bps.go.id/statictable/2021/04/09/229/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-dan-agama-yang-dianut-di-provinsi-jawa-tengah-2020.html).

Darma, Budi. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jawa Barat: Guepedia.

Davis, Fred D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technologi. MIS Quarterly.

Febry, Timotius, and Teofilus. 2020. SPSS : Aplikasi Pada Penelitian Manajemen Bisnis. Banten: Media Sains Indonesia.

Fishbein, and Ajzen. 2011. Belief, Attitude, Intention, And Behavior: An Introduction To Theory And Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Hartono, Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Publisher.

Jaya, I. M. L. M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Kaelany. 1992. Islam Dan Aspek-Aspek Kemasyarakatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, Arief Adhy, and Fadli Abdillah Subhi. 2021. “Pengaruh Persepsi Kegunaan , Persepsi Kemudahan Menggunakan , Dan Pengaruh Sosial Terhadap Minat Menggunakan Go Payment.” Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi 20(2):144–53. doi: 10.32639/fokusbisnis.v19i2.746.

Mahyarni. 2013. “Theory of Reasoned Action Dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis Tentang Perilaku).” Jurnal EL-RIYASAH 4(1):13. doi: 10.24014/jel.v4i1.17.

Muhammad Richo Rianto, and Tutiek Yoganingsih. 2020. “Pengaruh Religiusitas, Pengaruh Sosial Dan Dukungan Pemerintah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Mandiri - Bekasi.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen 16(2):76–83. doi: 10.31599/jiam.v16i2.405.

Nugraha, Billy. 2022. Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda Dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Radiansyah, M. 2020. “Analisis Fakto-Faktor Kualitas Pelayanan Pada Minat Nasabah Non Muslim Terhadap Bank Syariah (PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Kota Pematangsiantar).” Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam 1(2):204–27.

Rifai, Nur, and Taufiq Wijaya. 2019. “Persepsi Masyarakat Non Muslim Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah.” Journal of Finance and Islamic Banking 2(1):93. doi: 10.22515/jfib.v2i1.1811.

Robbin, Stephen. 2002. Perilaku Organisasi. Pennsylvania: Pennsylvania State University.

Sahab, Ali. 2019. Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik Dengan SPSS. Surabaya: Airlangga University Press.

Saladin, Djaslim. 2002. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Linda Karya.

Sari, Sartika, and Mohamad Faozy. 2022. “Ekonomi Islam Untuk Keberlanjutan Umat Beragama (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Anggota Non Muslim Dalam Menyimpan Di BMT Artha Sejahtera Bantul).” JASNA : Journal For Aswaja Studies 2(1):57–78. doi: 10.34001/jasna.v2i1.2296.

Soemitra, Andri. 2017. Bank & Lembaga Keuangan Syariah: Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Sutojo, Sismato. 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.

Syauqoti, Roifatus, and Mohammad Ghozali. 2018. “Analisis Sistem Lembaga Keuangan Syariah Dan Lembaga Keuangan Konvensional.” IQTISHODUNA 14(1):15–30.

Umar, Husein. 2019. Metode Riset Manajemen Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zaeni, Akhmad. 2019. “Interaksi Antara Muslim Dengan Non Muslim Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Aulduna 01(02):18–29.

Zulas, Khairani Rizka, Nilam Sari, and T. Syifa Fadrizha Nanda. 2020. “Pengaruh Religiositas Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Bank Syariah Di Kota Banda Aceh.” JIHBIZ: Global Journal of Islamic Bankin and Finance 3(1):1–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

ISSN 2987-3673 (online)
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Kudus, Indonesia

Jl. Conge Ngembalrejo Kode Pos 51 Kudus 59322 Tlp. (0291) 432677, 438818, Faksimile 441613 

 

JEBISKU: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam by Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN) of Kudus, Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.