Sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Anak sebagai upaya Pembentukan Karakter Anak di Era Digital: Studi Kasus Muslimat NU Ranting Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus

Enny Yulianti, Any Umy Mashlahah

Abstract


Sikap orang tua terhadap anak terbentuk pada awal kehidupan, yakni pengalaman ketika menjadi orang tua pertama. Pola asuh yang tepat berdampak positif terhadap tumbuh kembang anak. Anak memiliki hak yang melekat pada hidupnya. Salah satu hak anak menurut undang-undang adalah anak berhak atas kesejahteraan, perawataan, asuhan dan bimbingan. Dengan latar belakang tersebut hendaknya orang tua memberikan pola asuh yang tepat, terlebih di era digital yang memiliki dua mata sisi yang banyak kekurangan serta banyak pula kelebihannya. Orang tua hendaknya bijak dalam memberikan pendampingan dalam penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari anak. Anak adalah anugerah yang sangat luar biasa. Nabi Zakaria berdoa untuk mendapatkan anak yang dzurriyatan thayyibah. Dalam beberapa tafsir, dzurriyatan thayyibah diartikan sebagai anak yang baik, saleh, beradab, mulia, dan diberkahi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan sosialisasi menghantarkan dzurriyatan thoyyibah di era digital, muslimat nu ranting tanjungrejo, kecamatan jekulo, kabupaten kudus. Pengabdian ini menggunakan metode  Participatory Action Research (PAR), sosialisasi dilakukan dengan memberikan penjelasan langsung kepada orang tua melalui pelatihan sederhana yang disampaikan langsung oleh narasumber. Pada tahap berikutnya orang tua diharapkan mampu mengimplementasikan dari penjelasan dan juga simulasi yang telah didemonstrasikan. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa orang tua sangat antusias dan termotivasi dalam mengikuti sosialisasi, dibuktikan dengan antusiasnya orang tua memberikan pertanyaan kepada narasumber. Kegiatan PKM ini dapat menumbuhkan semangat, ketertarikan, kreatifitas dan inovasi orang tua dalam menghantarkan dzurriyatan thoyyibah di era digital.


Full Text:

PDF

References


Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. media Komunikasi Sosial Keagamaan. Jurnal Dinamika Penelitian :Media Komunikasi Sosial Keagamaan., Volume 17,(Chusna, Puji Asamaul.), hal. 315-330.

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.

Feldman, P. , D.Papalia, D. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia (Experience Human Development). Salemba Humanika, 384.

Fitriani Dzulfadhilah, Rusmayadi, A. Sri Wahyuni Asti, Sri Rika Amriani H, & Angri Lismayani. (2023). Digital Parenting: Pelatihan Komunikasi Efektif Orang Tua dan Anak Usia Dini di Era Digital. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 218–225. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.515

Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 11(1), 27–39.

Herimanto, W., & Winarto, W. (2008). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara Nurudin. 2007.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Penerbit Erlangga.

Latuheru, G., Kambodji, J., & Mailoa, J. (2023). Edukasi “Menjadi Orang Tua Hebat di Era Gadget” pada Yayasan Ciarylene. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(4), 298–304. https://doi.org/10.58344/locus.v2i4.997

Muhammad Wahdini, S. A. N. (2023). Sosialisasi Fikih Informasi : Upaya Membentuk Dzurriyatan Thayyibah Pada Pelajar Muhammadiyah. Pengabdian Masyarakat Ekonomi Dan Hukum (JPMEH) Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai, 2(1), 40–48.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sari, D. T. L., Khamdun, & Fardani, M. A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia SD di Desa Soco Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1188–1194. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

W. Pertiwi, Y., Febrieta, D., D. Pohan, H., Fadhilah, N., M. Nuswantyas, L., & F. Putra, T. (2020). Menjadi Orang Tua Hebat di Era Digital 4.0 : Memberi Penyuluhan Kepada Ibu-ibu di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.179

Wiyani, Novan A. 2022. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Yulianti, E., Nafi, A., & Kudus, I. (2023). The Role of Digital Parenting as a Model for Parental Guidance in the Moral Development of Indonesian Children. 69–79.

Yulianti, E., Sally, N. U., & Risdiana, A. R. (2023). Building Political Awareness of Gender for The Young Learners. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 11(1), 87. https://doi.org/10.21043/thufula.v11i1.20400


Refbacks

  • There are currently no refbacks.